7 Bahaya Kecoa yang Harus Anda Ketahui

Nilai
Penilaian Pengunjung
[Total: 0 Average: 0]

Kecoa adalah seranga kecil yang sering di anggap menjijikan. Bahkan ketika bertemu serangga yang satu ini kebanyakan orang langsung mengusirnya, atau bahkan membunuhnya.

Namun, apakah kecoa tergolong sebagai jenis serangga pengganggu?. Yaps kecoa termasuk sebagai serangga pengganggu. Karena kecoa dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan kita sehari hari, khususnya masalah kesehatan.

Agar tidak penasaran, yuk kita kenali beberapa bahaya kecoa bagi kesehatan.

1. Menyebabkan Penyakit

Kecoa
Sumber: awcorn.blogspot.com

Kecoa bisa muncul dimana saja dan kapan saja dan datang tanpa dada pertanda, hiii serem. Makanan atau minuman yangtidak di tutup rapat bisa menjadi sasaran empuk kecoa.

Ketika serangga ini memakan makanan anda, serangga ini akan mengeluarkan air liur dan cairan lainnya dari mulut dan mencemari makanan dengan kuman dan bakteri yang terdapata pada air liur mereka.

Bakteri Pseudomonas aeruginosa adalah salah satu yang bertahan hidup di saluran pencernaan kecoa.

Yang mengerikan adalah, bakteri tersebut dapat menyebabkan sejumlah penyakit jika masuk ke dalam tubuh manusia.

Adapun penyakit yang dapat disebabkan oleh air liur kecoa adalah infeksi saluran kemih, gangguan pencernaan, dan sepsis alias keracunan darah.

2. Mencemari Makanan

Makanan tercemar
Sumber: vemale.com

Kecoa adalah serangga yang dapat memakan apasaja. Bahkan, makanan yang tersaji di atas meja makan Anda pun bisa menjadi sasaran bagi kecoa yang berkeliaran.

Bahaya kecoa yang hinggap di makanan Anda tidak bisa dianggap remeh. Karena, ketika hinggap atau memakan makanan Anda, kecoa dapat meninggalkan telur, kulit mati, atau kotorannya pada makanan.

Sebagian besar orang pasti tidak menyadari jika makanannya sudah dihinggapi kecoa. Dan akhirnya, makanan tersebut akan dikonsumsi seperti biasanya.

Kalau kita mengonsumsi makanan yang sudah tercemar kecoa, maka Kita dapat mengalami sejumlah penyakit, terutama gangguan pada pencernaan.

3. Keracunan Makanan

Kecoak Makan Pir
Sumber: rentokil.nl

Bahaya kecoa yang paling utama adalah mencemari makanan manusia. Dari pencemaran tersebut dapat timbul sejumlah penyakit dan masalah kesehatan, seperti keracunan makanan.

Makanan yang dimasak dengan bersih dan higienis pun bisa membuat Anda keracunan jika sebelumnya makanan tersebut telah dihinggapi kecoa.

Salmonella adalah salah satu bakteri yang hidup di dalam tubuh kecoa. Jika bakteri ini berpindah dari tubuh kecoa ke makanan yang Anda konsumsi, maka Anda berpotensi terkena tifus dan keracunan makanan.

Tentu kondisi ini cukup meresahkan mengingat kita pun tidak akan menyadari jika makanan yang akan dikonsumsi sempat dihinggapi kecoa.

Khusus untuk muslim, diharuskan membaca Bismillah sebelum makan untuk menghindari hal hal yang tidak baik dari makanan atau minuman.

4. Kecoa Menggigit

Luka bekas gigit Kecoa
Sumber: suara.com

Memang jarang sekali kita mendengar ada orang yang di gigit kecoa, kebanyakan kocao akan langsung kabur atau terbang jika kita mendekatinya.

Namun, Anda tidak akan menyadari dan menduga jika ada kecoa yang merayap ke tubuh saat Anda tidur dan menggigit tubuh kita.

Kecoa bukanlah serangga yang mengandung bisa atau racun. Akan tetapi, gigitan kecoa dapat menyebabkan luka dan gigitannya mengandung kuman.

Serangga menjijikkan ini kerap kali menggigit bagian tubuh yang lunak, seperti leher, jari kaki, atau telinga.

5. Menyebabkan Alergi

Alergi
Sumber: alodokter.com

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa alergi hanya bisa disebabkan oleh makanan tertentu, debu, atau tungau.

Sayangnya, alergi juga bisa disebabkan oleh kecoa. Serangga yang satu ini memiliki ratusan alergen yang bisa membuat alergi di tubuh mereka.

Apabila Anda bersentuhan dengan kecoa dan kebetulah sistem kekebalan tubuh Anda tidak terlalu kuat, maka kemungkinan besar Anda dapat mengalami alergi.

Adapun tanda-tanda alergi yang disebabkan oleh kecoa bisa dilihat dari munculnya ruam kulit, bersin-bersin, sampai dengan mata berair.

6. Menyerang Bagian Tubuh Tertentu

Kecoa adalah jenis serangga yang “bandel” karena kerap kali meresahkan orang. Kecoa dapat terbang dan mendarat di mana saja, termasuk di tubuh Anda ketika tidur.

Yang lebih mengerikan lagi, kecoa bisa masuk dan menyerang bagian tubuh tertentu. Dengan ukuran tubuhnya yang kecil kecoa bisa masuk ke mulut (jika Anda punya kebiasaan tidur sambil membuka mulut), telinga, Miss V (bagi wanita), dan hidung.

7. Memicu Asma

asma
Sumber: hellosehat.com

Salah satu bahaya binatang kecoa bagi manusia adalah memicu asma? Selama ini kebanyakan orang mengira bahwa pemicu asma adalah debu atau serbuk sari.

Namun, kecoa yang tubuhnya manjadi sarang dari berbagai jenis alergen ini juga bisa menyebabkan asma, lho.

Kecoa juga bisa memicu asma hanya dengan berkeliaran di sekitar kita. Alergen kecoa dapat berpotensi menyebabkan komplikasi yang parah pada penderita asma sehingga berisiko mengancam nyawa para penderita asma.

Bahkan, orang yang sebelumnya tidak memiliki penyakit asma juga dapat terkena asma jika terkena alergen kecoa terus menerus.

Kecoa dapat mengeluarkan 10-40 telur dalam sekali pembiakan. Rata-rata, betina kecoa melepaskan 30 telur dalam hidupnya.

Kecoa muda yang menetas terlihat sama dengan kecoa dewasa, namun lebih kecil dan belum memiliki sayap.

Tergantung jenis dan konndisinya, kecoa dapat hidup hingga 12 bulan. Serangga ini adalah hewan berdarah dingin dan berkembang dalam lingkungan yang hangat dan lembap.

Kecoa kebanyakan memilih tinggal di dapur dan area persiapan makanan lain, sehingga mereka dapat makan dari tumpahan makanan dan memiliki akses ke air.

Tempat persembunyian kecoa di dalam rumah, yaitu pada:

  • Celah kecil dinding.
  • Ruang terbatas, seperti belakang kulkas, pojokan dapur, atau di bawah tumpukan majalah, koran, atau kardus.
  • Perabotan rumah yang sudah tidak terpakai dan dibiarkan begitusaja.
  • Lemari dapur.
  • Bawah wastafel.
  • Sekitar pemanas air.
  • Selokan.

Cara Melindungi Rumah dari Kecoa

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengusir kecoa:

  • Rajin membersihkan rumah setidaknya sekali seminggu.
  • Memberikan perhatian khusus pada dapur dan area persiapan makanan lainnya dan menaruh kamper atau pewangi.
  • Membersihkan bawah kulkas, kompor, pemanggang roti, dan peralatan yang dapat dipindahkan lainnya dan memberikan kamper atau pewangi.
  • Mengosongkan tempat sampah secara teratur.
  • Membersihkan tumpahan makanan segera.
  • Memastikan tidak ada keran air yang menetes, karena kecoa butuh air untuk hidup.
  • Menaruh makanan di dalam wadah yang tertutup rapat.
  • Memperbaiki lubang, retakan, atau celah di dinding, papan, dan lemari.
  • Jangan menumpuk koran, majalah, kardus di sembarang tempat.
  • Menggunakan insektisida sesuai petunjuk aturan.

 

Sekian beberapa informasi tentang Bahaya Kecoa yang saya lansir

dari berbagai sumber.

Silahkan share jika bermanfaat????.

Silahkan beri komentar sekiranya ada yang kurang atau ada yang salah????.

Sumber: https://bacaterus.com/bahaya-kecoa/. https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/bahaya-kecoa-untuk-kesehatan-manusia/

Berikan Komentarmu