15 Bunga Paling Langka di Dunia yang Unik dan Keren

Nilai
Penilaian Pengunjung
[Total: 0 Average: 0]

Hampir setiap pekarangan rumah selalu di hiasi oleh tanaman hias baik bunga maupun tanaman lainnya. Bunga adalah tanaman yang paling sering di jumpai untuk memperindah rumah atau sekedar menghias ruangan anda.

Menurut penelitian di dunia iniada lebih dari 270.000 jenis bunga dengan beragam bentuk dan juga keindahannya.

Namun beberapa jenis bunga yang akan saya bahas ini tidak akan pernah anda jumpai di pekarangan rumah manapun karena tergolong paling langka, apa saja jenis bunga itu?. Yaps berikut beberapa ulasan tentang bunga unik yang langka di dunia.

1. Middlemist Camelia

Middlemist Camelia
Sumber: steemit.com

Bunga cantik yang menyerupai mawar ini berwarna peach dengan kelopak rimbun. Middlemist Camelia atau Middlemist Merah di kenal paling langka di dunia karena hanya di temukan di dua tempat.

Yaitu pada sebuah taman bunga berupa Rumah Kaca di Inggris dan di Selandia Baru. Awalnya binga ini di bawa ke inggris oleh John Middlemist dari China pada tahun 1804.

Namun kemudian tanaman ini benar-benar punah dan tidak ada satupun yang tumbuh lagi di china, untungnya di inggris bunga ini bisa tumbuh dan berkembangbiak selama bertahun tahun sampai sekarang.

2. Rafflesia Arnoldi

Rafflesia Arnoldi
Sumber: tirto.id

Dengan diameter lebih dari 100cm bunga ini dinobatkan sebagai bunga terbesar di dunia, selain itu bunga ini juga termasuk salah satu bunga paling langka di dunia.

Bunga ini pertamakali di temukan di hutan hujan indonesia oleh sekelompok tim ekspedisi yang di pimpin oleh Thomas Stamford Raffles, sehingga bunga ini dinamakan mirip dengan nama penemunya.

Rafflesia Arnoldi sebenarnya adalah tumbuhan parasit yang tidak memiliki akar, batang, tangkai, dan daun.

Ketika mekar bunga ini akan mengaluarkan bau busuk yang menarik lalat dan kumbang untuk membantu penyerbukan. Bunga ini akan mati kira-kira satu minggu sejak mekar.

3. Ghost Orchid

Ghost Orchid
Sumber: youtube.com

Ghost Orchid adalah anggrek yang tidak berdaun, yaitu jenis anggrek langka yang tidak menggunakan proses fotosintesis, oleh karena itu bunga ini membutuhkan jamur tertentu untuk menyerap sari-sari makanannya oleh akar.

Ghost Orchid ditemukan di hutan Kuba dan di Florida, bunga ini tumbuh rendah dekat dengan permukaan tanah. Kemudian mekar antara bulan Juni hingga Agustus.

Uniknya bunga ini seolah-olah muncul tiba-tiba dan mengapung di batang pohon sehingga dinamakan Ghost Orchid atau Angrek Hantu.

4. Jade Vine

Jade Vine
Sumber: videoblocks.com

Jade Vine adalah bunga yang hidup di hutan hujan tropis di Filipina, ia temasuk dalam keluarga kacang-kacangan yang memiliki hubungan dekat dengan kacang merah.

Bunga ini memiliki panjang hingga tiga meter dengan warna yang sangat indah yaitu perpaduan dari warna hijau kebiruan dan hijau mint.

Namun sayang, bunga ini terancam punah karena sangat berkembang biak akibat perusakan habitat dan berkurangnya penyerbukan alami.

5. Silverswrod

Silversword
Sumber: bikemaui.com

Bunga berbentuk unik ini ditemukan di pulau Maui di ketinggian kurang lebih 6.900 kaki atau 2100m di gunung berapi yang masih aktif.

Karena terancam punah bunga ini dilindungi undang-undang federal untuk melestarikannya. Populasi bunga Silversword sangat langka dikarnakan pengembangan kambing dan sapi yang berlebihan di negara tersebut.

6. Chocolate Cosmos

Chocolate Cosmos
Sumber: plantopedia.com

Merupakan bunga asli Meksiko yang telah punah lebih dari 100 tahun yang lalu. Namun spesies ini berhasil dilestarikan sebagai clone tunggal pada tahun 1902.

Bunga ini memiliki warna coklat tua dengan diameter sekitar tiga hingga empat senti meter. Bunga kecil berbentuk lucu ini memancarkan aroma vanili pada musim panas.

7. Kokai Cookei

Kokai Cookei
Sumber: hiveminer.com

Di Hawai ada spesies bunga unik dan langka yang dinamakan Kokai Cookei atau Kokio, sejak di temukannya pada tahun 1860 lalu bunga ini sangat sulit untuk dikembangbiakkan.

Sehingga dikabarkan telah mengalami kepunahan sejak 1950, namun setelah 20 tahun kemudian spesies bunga ini ditemukan di suatu tempat dan berhasil dikembangbiakkan di 23 tempat terpisah di Hawai hingga sekarang.

8. Youtan Poluo

Youtan Pulo
Sumber: finrollnews.com

Bunga unik ini dikabarkan dapat tumbuh pada baja. Pertama kali ditemukan di bawah mesin cuci di gunung Lucian di China.

Menurut mitos India dan kitab Budha bunga Youtan Poluo hanya mekar setiap 3.000 tahun sekali, tak heran jika bunga ini sangat langka dan hampir tidak ditemukan dengan waktu mekar yang begitu lama.

9. Lotus Berthelotii

Lotus Bertheloti
Sumber: en.wikipedia.com

Bunga ini memiliki bentuk yang sangat unik menyerupai paruh burung Kakak Tua, sehingga disebut pula dengan bunga paruh Kakak Tua.

Sejak tahun 1884 Lotus Berthrlotii diyakini telah benar-benar punah di alam liar. Penyerbukannya dibantu oleh burung Sun Bird di kepulauan Canary yang diketahui telah lama punah juga.

Percobaan untuk penyerbukan melawan kelangkaan tanaman ini telah dilakukan, namun pada tahun 2008 percobaan itu gagal karena tidak ada buah yang berhasil di produksi samasekali.

10. Cape Sundew

Cape sundew
Sumber: youtube.com

Cape Sundew adalah jenis bunga karnifora dari Afrika Selatan, bunga ini memangsa serangga dengan perangkap yang sangat lengket yang menjebak Arthropoda.

Sebagai bunga yang hampir punah kelestariannya juga dilindungi oleh undang-undang pemerintah setempat.

11. Lady’s-slipper Orchid

Yellow Lady's Slipper
Sumber: nature.mdc.mo.gov

Bunga dengan nama latin Cypripedium calceolus ini adalah bunga unik dan langka yang memiliki tumpukan serbuk sari di ujung benang sarinya. bunga ini ditemukan di Amerika Utara, Asia dan Eropa.

juga dikenal sebagai Yellow Lady’s Slipper karena bentuknya yang menyerupai alas kaki atau sendal dan berwarna agak kekuningan.

Bunga termasuk ini sebagai salah satu bunga paling langka karena sepesies bunga ini telah menghilang seluruhnya di Inggris.

Tukang kebun dan ahli kehutanan sering disalahkan atas kepunahan mereka. Perusakan habitat oleh manusia dan domba yang telalu berlebihan merumput juga dapat menjadi salah satu alasan utama untuk kepunahan mereka.

12. Angrek Rothschild

Anggrek Rothschild
Sumber: nulis.co.id

Bunga aggrek yang langka ini mempunyai ciri khas garis-garis merah atau hitam dan dua kelopak di sisi kanan dan kiri yang panjang. Bunga ini hanya bisa tumbuh di hutan hujan di Gunung Kinabalu di Borneo utara atau Negara Bagian Sabah, Malaysia.

Anggrek ini hanya tumbuh dari ketinggian 500 meter sampai 1.197 meter diatas permukaan laut. Selain langka dan anggrek ini mekar hanya 15 tahun sekali.

13. Bunga Pohon Franklin

Bunga Franklin
Sumber: yukepo.com

Pohon ini adalah bagian dari keluarga teh tetapi satu-satunya spesies dalam jenisnya dan merupakan tanaman berbunga yang sangat langka.

Pohon yang berasal dari lembah sungai Altamaha Georgia ini, diketahui telah punah di alam liar sejak awal abad ke 19.

Pohon indah ini dapat dijumpai sampai hari ini berkat jasa keluarga Bartram, yang mengembangbiakkan pohon dan menyebarkannya sebelum kepunahan terjadi di alam liar.

Tanaman yang memiliki bunga yang berwarna putih dan beraroma harum ketika mekar dan daun yang berubah menjadi warna menjadi merah terang di musim gugur ini, kini merupakan tanaman hias yang sangat populer.

Semua contoh pohon yang ada sampai hari ini adalah salah satu pohon yang disebarkan oleh Bartram.

14. Bunga Lily Api

Lily Api
Sumber: ogrodosfera.com

Bunga ini dikenal beracun dan mudah untuk ditemukan dimana-mana. Namun, setelah penelitian tentang kegunaannya dalam bidang medis ditemukan, terjadi perburuan besar-besaran pada bunga ini.

Sehingga di habitatnya di Sri Langka sudah langka dan di Orissa India nyaris punah. Namun, syukurnya di kawasan pasifik seperti Polynesia Perancis, Kepulauan Cook dan Australia spesies ini menjad invasif sehingga mencegahnya dari kepunahan.

15. Gibraltar Campion

Gibraltar Campion
Sumber: trussty.com

Bunga Campion atau Silene tomentosa adalah bunga langka yang hanya bisa ditemukan di Gibraltar, dan terdapat di area tebing berbatu. Bunga ini mempunyai aroma yang harum, tapi umurnya sangat pendek.

Bunga campion juga terlihat cantik karena memiliki kelopak berwarna ungu atau merah muda.

Di tahun 1992, bunga ini telah dinyatakan punah dan tidak pernah ditemukan lagi di alam liar.

Namun pada tahun 1994, pendaki yang sedang mendaki salah satu tebing di Gibraltar menemukan bunga campion yang masih tumbuh di sana.

Sejak saat itu bunga ini langsung dibudidayakan kembali untuk mencegah kepunahannya. Meski demikian, camipion tetap jadi bunga paling langka di dunia dan hanya bisa ditemukan di taman botani Gibraltar dan London.

Nah diatas adalah beberapa bunga yang paling langka di dunia. Hingga kini bunga tersebut masih dilindungi oleh pemerintah. Kita juga harus bangga karena Indonesia juga menyumbangkan bunga langka untuk dunia.

Sekian beberapa ulasan tentang Bunga Langka yang saya lansir

dari berbagai sumber.

Silahkan share jika bermanfaat????.

Silahkan beri komentar sekiranya ada yang kurang atau ada yang salah????.

Berikan Komentarmu