14 Cemilan Unik Khas Indonesia yang Harus Kamu Coba!!!

Nilai
Penilaian Pengunjung
[Total: 1 Average: 5]

Cemilan berarti makanan atau minuman yang dikonsumsi antara waktu makan makan pagi, makan siang dan makan malam. Jumlah kalori pada cemilan biasanya tidak sebesar dengan makanan utama.

Dan sangat banyak jenis-jenis cemilan di negri yang kita cintai ini loh.

Berikut adalah aneka cemilan yang unik dan enak dari berbagai daerah di Indonesia yang sudah saya rangkum untuk anda????.

1. Kue Cubit

Cemilan unik
Sumber: satujam.com

Kue cubit merupakan jajanan yang lumayan populer di Indonesia. Kue berukuran kecil ini mudah kita jumpai di depan sekolah atau di pasar-pasar tradisional. Kue cubit terbuat dari campuran susu dan tepung terigu sebagai bahan utamanya.

Ada yang mengatakan kalau kue cubit itu berasal dari makanan khas Belanda. Memang waktu pemerintah Belanda menguasai negara Indonesia, mereka meninggalkan beberapa tradisi salah satunya adalah kuliner.

Banyak sekali kue-kue yang sekarang kita kenal ternyata merupakan kuliner asli Belanda, seperti lapis legit, kroket, kaasstengels hingga kue cubit ini. Kue cubit punya bentuk dan cara pembuatan yang sama dengan sebuah makanan favorit masyarakat Belanda yaitu poffertjes.

2. Pempek / Empek-empek

Cemilan unik
Sumber: qubicle.id

Pempek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji, dan beberapa bahan lain seperti telur, bawang putih halus, penyedap rasa dan garam.

Menurut cerita dan sejarahnya, pempek bukanlah makanan asli dari Palembang, melainkan makanan yang dibuat oleh orang Tionghoa atau Cina yang merantau dan bermukim di Palembang yaitu sekitar abad ke-16.

Nama pempek berasal dari sebutan untuk lelaki keturunan Cina yaitu “apek”.

3. Batagor

Cemilan unik
Sumber: infobandung.co.id

Batagor adalah cemilan kekinian hasil modifikasi gaya Tionghoa-Indonesia yang berasal dari Bandung dan sekarang sudah dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia. Batagor adalah singkatan dari “bakso tahu goreng”.

Secara umum, jajanan ini dibuat dari tahu yang diisi adonan dari ikan tenggiri dan tepung tapioka lalu dibentuk menyerupai bola dan digoreng dalam minyak panas selama beberapa menit hingga matang.

Pelengkap dari batagor yaitu siomay yang digoreng dan dihidangkan besama batagor ditambah dengan bumbu kacang, kecap manis, sambal dan air perasan jeruk nipis sebagai pelengkap.

Baca juga 9 Resep Olahan Kentang, di Jamin Mudah dan Nagih!

4. Jenang Krasikan

Cemilan unik
Sumber: ksmtour.com

Jenang Krasikan merupakan salah satu cemilan unik dari Purworejo yang berbahan dasar beras ketan yang dicampur dengan gurihnya santan dan manisnya gula merah dan di tambah sedikit garam sebagai bumbunya. Soal rasa sudah bisa ditebak, manis dan nikmat.

Jajanan zaman dulu yang satu ini memiliki tekstur yang sangat unik yang tidak dimiliki oleh jajanan lawas lainnya. Krenyes-krenyes itulah hal yang cocok menggambarkan tekstur unik yang ada di Jenang Krasikan. Cemilan ini dapat ditemukan di pusat oleh-oleh maupun pasar-pasar tradisional di kawasan Jawa Tengah dan sekitarnya.

5. Kembang Goyang

Cemilan unik
Sumber: pembuatanpemasangan.wordpress.com

Kembang goyang adalah salah satu kue tradisional dari Betawi. Nama kembang goyang berasal dari bentuknya yang menyerupai kelopak kembang dan cara membuat nya digoyang-goyang di minyak panas sampai adonan lepas dari cetakan.

Kembang goyang terbuat dari bahan dasar tepung beras. Seiring perkembangan, kue ini mengalami penambahan varian rasa dan warna.

Beberapa tetes essens pandanessens frambozen dan biji wijen sebagai macam rasa hingga penambahan warna yang membuat penampilan cemilan kering ini menjadi lebih enak dan menarik.

6. Untir-untir

Cemilan unik
Sumber: anggisnack.worpress.com

Untir-untir atau kue tambang adalah salah satu jenis kue kering yang asli berasal dari indonesia. Kue untir untir ini merupakan kue berbahan dasar tepung terigu dan gula pasir yang olah menjadi sebuah adonan sebelum dibentuk.

Untir-untir kemungkinan berasal dari Cina dan dibawa ke Indonesia. Pada tahun 1960an ada 2 orang penduduk desa Bugo yang bekerja pada pabrik roti milik orang Cina di Kudus, karena hal tersebut mereka bisa menguasai teknik pembuatan untir-untir dari pabrik tersebut.

Untir untir mempunyai bentuk yang khas yaitu menyerupai tali tambang yang berlilitan.
Untir untir memiliki cita rasa yang gurih, manis dan renyah. Untir-untir mudah untuk bisa kita dapatkan dipasar-pasar tradisional maupun toko.

7. Clorot

Cemilan unik
Sumber: malangtoday.net

Clorot adalah kue tradisional berbahan tepung beras dengan santan yang dibungkus dengan janur atau daun kelapa muda dalam bentuk kerucut. Clorot ini cemilan yang sangat unik, rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal memberikan cita rasa yang khas pada Clorot ini. Kue ini merupakan jajanan khas dari Purworejo, Jawa tengah.

Kue ini terbuat dari daun pandan, garam, dan air direbus sampai matang dan dicampur dengan santan kemudian dicampur tepung tapioka atau tepung beras dan di cetak menggunakan janur.

8. Madu Mongso

Cemilan unik
Sumber: kompasiana.com

Madumongso adalah cemilan orang Indonesia yang yang berbahan dasar ketan hitam. Rasanya asam manis karena ketan hitam sebelumnya diolah dahulu menjadi tape melalui proses fermentasi dan diolah lagi dengan menambahkan gula, santan dan beberapa buah nanas sebelum kemudian dimasak hingga menjadi seperti jenang atau dodol.

Madumongso biasanya dibungkus menggunakan kemasan plastik bening atau kertas minyak yang beraneka warna. Madu mongso adalah makanan khas magetan dan disana banyang orang yang membuat madu mongso sebagai usaha sampingan.

9. Wingko Babat

Cemilan unik
Sumber: id.tastemade.com

Wingko babat adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. Wingko babad memiliki rasa manis dan gurih.

Wingko babad pertama kali muncul di Semarang sekitar tahun 1946 kemudian orang mengenal kue wingko babad sebagai makanan khas Kota Semarang, walaupun sebenarnya berasal dari Babad, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

10. Brem

Cemilan unik
Sumber: liputan6.com

Brem adalah makanan khas Madiun yang biasanya berbentuk kotak. Brem adalah hasil fermentasi dari ketan hitam dan diambil sarinya yang kemudian diendapkan dalam waktu sekitar sehari semalam, sensasi makanan ini muncul ketika makanan dimasukkan ke dalam mulut akan langsung mencair dan lenyap meninggalkan rasa semriwing dan manis di lidah.

Brem merupakan jajanan dan snack yang mudah ditemukan ketika anda berkunjung ke daerah Madiun.

11. Tahu Gejrot

Cemilan unik
Sumber: cookpad.com

Tahu gejrot, cemilan yang satu ini menggunakan tahu sebagai bahan utama nya. Tahu gejrot adalah makanan khas Cirebon, Indonesia.

Cemilang pedas dan gurih ini terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengan kuah yang bumbunya gula, bawang merah, bawang putih, cabe. Biasanya tahu gejrot disajikan di piring kecil atau layah.

12. Cireng

Cemilan unik
Sumber: food.detik.com

Si putih dari tanah sunda, mungkin itu adalah julukan yang cocok untuk makanan yang satu ini hehehe. Cireng adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng adonan yang berbahan utama tepung kanji atau tapioka.

Bagian luar dari makanan ini memiliki tekstur yang renyah dan sedangkan bagian dalam nya kenyal. Cireng biasanya di sajikan bersama sambal atau kecap dan cemilan ini cocok dijadikan jajanan untuk anak sekolah.

13. Kelepon

Cemilan unik
Sumber: vebma.com

Kelepon adalah makanan tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang di olah dan dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih.

Klepon yang sudah masak lalu dilapisi kelapa parut untuk menambah rasa gurih pada kelepon. Biasanya jajanan unik yang murah meriah ini disajikan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.

14. Lemet

Cemilan unik
Sumber : resepkoki.id

Gunung kidul juga memiliki cemilan atau jajanan unik lho selain unik cemilan ini juga sangat mudah untuk di buat di rumah. Lemet adalah cemilan yang terbuat dari singkong yang di campur dengan gula aren dan parutan kelapa.

Campuran itu kemudian di bungkus menggunakan daun pisang lalu di kukus. Lemet memiliku tekstur yang sedikit kenyal dan rasanya manis dan gurih, sangat cocok untuk dinikmati bersama kopi atau teh hangat.

15. Sate Tempe

Cemilan unik
Sumber : tribunnews.com

Yaps, sate tempe. Sate tempe adalah cemilan unik dan kekinian yang unik dan harus kamu coba. Sate tempe terbuat dari tempe yang di potong kecil lalu di goreng dan di tusuk seperti sate lalu di beri bumbu kacang.

Soal rasa udah pasti mantab, oh iyah sate tempe ini bisa di jadikan peluang untuk usaha juga loh. Karena rasanya yang enak dan bahannya yang mudah di dapat dan murah.

Ditambah lagi belum banyak orang yang menjual nya, wihh peluang besar tuh buat kamu jadikan bisnis sampingan di rumah yang mudah untuk di jual.

Sekian beberapa ulasan tentang Cemilan Unik yang saya lansir dari berbagai sumber.

Silahkan share jika bermanfaat????.

Silahkan beri komentar sekiranya ada yang kurang atau ada yang salah????.

Satu pemikiran pada “14 Cemilan Unik Khas Indonesia yang Harus Kamu Coba!!!”

Berikan Komentarmu