6 Informasi Menarik Tentang Ikan Arapaima

Nilai
Penilaian Pengunjung
[Total: 0 Average: 0]

“The living fossil” yaps itu adalah julukan untuk ikan purba yang satu ini yaitu ikan Arapaima Gigas, ikan ini di sebut fossil yang masih hidup karena ikan air tawar tropis yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki karakter morfologis dan anatominya yang mirip dengan binatang kuno.

Bahkan, ikan yang memiliki nama lain pirarucu ini sudah hidup di sungai Amazon sejak zaman jurasik lho. Berikut saya akan mengulas hal-hal mengenai ikan purba ini, selamat membaca????.

1. Ikan yang Rakus

Sumber: desimpul.blogspot.com

Dengan bentuk tubuh yang ramping dan di dukung sirip pada punggung dan daerah anal, dan ekor membuat ikan arapaima menjadi perenang yang kuat dan tangguh sehingga mudah untuk memangsa ikan lainnya dan ini membuat ika arapaima menjadi pemangsa yang rakus.

Bahkan, mereka dapat melompat keluar dari air dan memakan hewan lain seperti burung, laba-laba, katak dan hewan lainnya yang berada di atas air, rakus banget yah guys.

2. Mampu Bertahan Seharian Tanpa Air

Sumber: ngopibareng.id

Ikan arapaima memiliki swim bladder atau kandung kemih yang dimodifikasi dan digunakan sebagi paru-paru untuk bernafas. Mereka akan berenang ke permukaan untuk bernafas setiap 10-20 menit sekali.

Selain itu, predator sungai ini dapat bertahan lebih dari 24 jam di luar air dan hal itu juga membuat ikan arapaima mampu bertahan hidup di perairan yang miskin akan oksigen.

3. Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia

Sumber : beritagar.id

Ikan ini di katakan sebagai ikan terbesar di dunia karena tubuh ikan ini bisa mencapai 3 meter, wahh besar sekali yah.

Hal itu terjadi karena ikan arapaima gigas adalah jenis ikan predator yang bisa memakan hampir semua hewan yang bisa ditelan, terutama ikan yang berukuran kecil dan satwa lain yang ada di permukaan air.

4. Memiliki Daging yang Lezat

Sumber: health.kompas.com

Ikan tertua di Amazon ini juga bisa menjadi santapan yang lezat. Daging mereka terkenal tak memiliki banyak tulang, tidak berbau amis, serta lembut.

Hal ini membuat banyak orang yang memburunya dan harga ikan arapaima ini bisa mencapai jutaan rupiah lho.

Bedasarkan laporan BBC di tahun 2014 lalu, arapaima pernah menjadi buruan utama para nelayan. Perburuan besar-besaran mengakibatkan jumlah penuruan ikan ini secara drastis.

5. Ikan ini Dilarang Masuk ke Perairan Indonesia

Sumber: frewaremini.com

Ikan arapaima gigas adalah ikan yang berasal dari Sumngai amazon di amerika selatan, dan ikan ini sangatlah berbahaya dan bisa merusak rantai makanan di perairan indonesia oleh karna itu ikan ini terkena pasal yang di buat oleh mentri perikanan.

Ikan ini dilarang masuk ke indonesia karena salah satu isi Pasal 2 Permen KP Nomor 41 Tahun 2014 “Setiap orang dilarang memasukkan jenis ikan berbahaya dari luar negeri, ke dalam wilayah Republik Indonesia”.

6. Disarankan Untuk Ditangkap dan Dimakan

Sumber: radarsurabaya.jawapos.com

Di indonesia jika kamu menemukan ikan ini maka disarankan untuk di tangkap dan di makan, karena peneliti iktiologi dari Pusat Penelitian Biologi LIPI, Dr. Haryono menyarankan agar ikan Arapaima gigas segera ditangkap dari perairan Indonesia.

Dan di berkata “(Sebaiknya) Ikan (Arapaima gigas) segera dikeluarkan dari perairan (Indonesia). Dagingnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar karena di negara asalnya pun daging ikan ini bisa dikonsumsi,” imbaunya.

 

Sekian beberapa informasi tentang Ikan Arapaima yang saya lansir dari berbagai sumber.

Silahkan share jika bermanfaat????.

Silahkan beri komentar sekiranya ada yang kurang atau ada yang salah????.

Berikan Komentarmu