Pengertian dan Jenis-jenis Akar Tanaman

Nilai
Penilaian Pengunjung
[Total: 0 Average: 0]

Akar adalah bagian dari tumbuhan yang berfungsi sebagai penyangga atau pondasi tanaman agar bisa berdiri kokoh di tempat hidupnya, selain itu akar juga mempunyai tugas untuk menyerap air dan zat-zat hara dari dalam tanah.

Pada beberapa jenis tumbuhan akar juga berguna sebagai tempat menyimpan cadangan makanan atau sebagai alat reproduksi vegetatif, misalnya pada Ubi yang memiliki akar tunggang yang berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan.

Secara umum, ada dua jenis akar yaitu: akar tunggang dan akar serabut. Namun seiring berkembangnya pengetahuan ada ditemukan beberapa jenis akar lain seperti berikut ini.

Akar Serabut

Gambar Akar Serabut
Gambar Akar Serabut

Akar serabut adalah sejumlah akar yang terdapat pada pangkal tumbuhan yang banyak dan panjangnya hampir sama.

Akar serabut terbentuk Dengan cara akar primer membentuk cabang sebanyak banyaknya. Cabang akar yang tumbuh tidak menjadi besar tetapi tumbuh akar lagi. lalu akar primer selanjutnya mengecil, sehingga ukurannya sama dan banyak, jadi mirip dengan serabut.

Akar serabut kebanyakan terdapat pada tumbuhan monokotil atau tumbuhan berbiji tunggal, seperti bawang, pandan, padi, kelapa dan masih banyak lagi.

Akar Tunggang

Akar Tunggang
Akar Tunggang

Tumbuhan berakar tunggang merupakan salah satu dari jenis pengelompokan tumbuhan berdasarkan bentuk akar.

Berbeda dengan akar serabut, kebanyakan tumbuhan yang berakar tunggang memiliki biji berkeping dua atau dikotil. Akar tunggang memiliki ciri akar primer yang tumbuh ke dalam tanah dengan kokoh.

Akar tunggang dan akar serabut memiliki beberapa perbedaan pada segi fisik namun memiliki banyak persamaan dalam hal fungsi.

Beberapa contoh tumbuhan berakar tunggang yaitu mangga, rambutan, melinjo, kelengkeng, kakao dan lain-lain.

Akar Gantung

Akar Gantung
Akar Gantung

Jenis akar ini tumbuh dari bagian atas batang dan tumbuh ke arah tanah. Sehingga akar tersebut terlihat menggantung di udara.

Fungsi dari akar gantung yaitu menyerap uap air & gas dari udara. Akan tetapi, jika akar tumbuh sampai ke tanah, akar tersebut masuk ke dalam tanah dan berfungsi menyerap air dan garam-garam mineral. Contoh tumbuhan yang berakar gantung ini yaitu pohon beringin.

Akar Napas

Akar Napas
Akar Napas

Akar nafas adalah akar khusus yang berfungsi sebagai pembantu proses pernafasan tambahan tumbuhan yang hidup di air atau rawa seperti tumbuhan tumbuhan pada hutan mangrove.

Akar nafas atau pneumatofor memiliki arah tumbuh yang berbeda dengan akar jenis lainnya, akar ini tumbuh muncul ke permukaan tanah seperti pensil. Hal ini dikarnakan untuk membantu proses pernafasan tumbuah yang tumbuh di tempat dengan keadaan tanah minim udara.

Akar Pelekat

Akar Pelekat
Akar Pelekat

Akar ini hanya dimiliki oleh tumbuhan yang merambat, seperti contoh tumbuhan lada dan sirih. Akar ini tumbuh disepanjang batang tumbuhan, berguna untuk menempel pada kayu, tembok atau tumbuhan lain.

Berikan Komentarmu