11 Kuliner Khas Jawa Timur yang Harus Kamu Coba!

Nilai
Penilaian Pengunjung
[Total: 1 Average: 5]

Untuk Anda yang sedang berada di wilayah provinsi Jawa Timur, jangan lupa untuk mencicipi kuliner lezat dari provinsi ini yah.

Anda akan menyesal jika tidak mencicipi makanan khas Jawa Timur ini, karena makanan dari provinsi ini sangatlah enak dan menggoda.

Berikut saya akan menampilkan beberapa kuliner Jawa Timur yang harus kamu coba karena kelezatannya.

1. Bakso Malang

Bakso Malang
Sumber: resepkoki.id

Bakso malang adalah bakso khas Jawa Timur yang cukup populer di kota-kota besar di Indonesia.

Pasalnya bakso ini memiliki cita rasa khas yang sangat nikmat dan memiliki banyak varian atau modifikasi yang menambah cita rasa bakso malang.

Beberapa varian pada bakso malang adalah bakso urat, bakso tahu, bakso isi keju, isi sosis, isi sumsum, isi telur puyuh, dan bahkan isi cabai setan.

2. Soto Lamongan

Soto lamongan
Sumber: craftlog.com

Soto yang di sajikan dengan taburan koya yang berupa bubuk gurih dan mantab ini termasuk dalam makanan ter-enak di Jawa Timur loh.

Makanan berkuah sangat nikmat di santap ketika turun hujan, dengan kuahnya yang hangat dan dipadukan dengan cuaca yang di

Makanan ini juga mudah di jumpai dan sudah terkenal hampir di seluruh kota di Indonesia.

3. Rawon

Rawon
Sumber: resepkuekeringku.com

Siapa sih yang gak kenal rawon, rawon adalah salah satu dari kekayaan kuliner Jawa Timur yang terkenal sampai ke kota-kota besar di Indonesia.

Katanya rawon termasuk makanan yang ada sejak dahulu sekali di Indonesia loh. Makanan ini terhitung sebagai makanan yang paling klasik dan penampilannya yang menarik dan sudah di kenal sejak abad ke 10 loh gais.

4. Pecel

Pecel
Sumber: travelingyuk.com

Makanan yang menggunakan sayur-sayuran sebagai baha utama-nya ini juga termasuk masakan khas dari provinsi Jawa Timur loh.

Pecel adalah makanan yang khas nya di sajikan di atas daun pisang atau bisa di sebut pincuk lalu di siram dengan sambal yang terbuat dari kacang dan rempah-rempah lainnya dan di tambah gorengan dan peyek sebagai pelengkapnya.

5. Rujak Cingur

Rujak cingur
Sumber: jatim.tribunnews.com

Kata cingur di ambil dari salah satu bahan rujak ini. yaitu irisan mulut sapi yang di rebus dan dicampurkan ke dalam hidangan.

Rujak ini terdiri dari bebarapa buah seperti irisan timun atau krai (sejenis timun khas jawa timur), bengkuang, mangga muda, nanas, dedondong dan ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo (krai yang direbus), cingur, dan sayuran seperti kecambah/tauge, kacang panjang, dan kangkung.

Semua bahan tersebut di campur dengan bumbu petis (terbuat dari olahan udang), air, gula merah, cabai, kacang goreng, bawang goreng, garam, dan parutan pisang klutuk.

Semua bahan tersebut di campur dengan cara di ulek, oleh karna itu rujak ini juga terkadang di sebut juga rujak ulek.

6. Lontong Balap

Lontong balap
Sumber: ksmtour.com

Makanan ini terdiri dari lontong, taoge, bawang goreng, tahu goreng, lentho, kecap, dan sambal.

Lontong balap terdiri dari irisan lontong dan di atas irisan lontong ini ditumpangi irisan tahu dan remasan beberapa lentho (bulatan kecil sebesar ibu jari dan dipencet ini bentuk lentho asli lontong balap, berbeda dengan lentho yang dipakai sekarang).

Kemudian di atasnya ditumpangi kecambah setengah matang yang porsinya terbanyak dalam hidangan, setelah itu diberi kuah secukupnya, sambal dan kecap disesuaikan selera pembeli.

Makanan ini dihidangkan dengan pasangannya yaitu, beberapa tusuk sate kerang.

7. Tahu Tek

Tahu Tek
Sumber: resepkoki.id

Tahu tek juga makanan khas Jawa Timur yang menggunakan petisseperti rujak cingur.

Tahu tek terdiri atas tahu goreng setengah matang dan lontong yang dipotong kecil-kecil dengan alat gunting dan garpu untuk memegang. Tahu, lontong, kentang goreng, sedikit taoge, dan irisan ketimun dipotong kecil-panjang (seperti acar).

Bahan tersebut disiram dengan bumbu di atasnya bumbu tersebut terbuat dari petis, air, kacang tanah, cabai, dan bawang putih yang di ulek menggunakan cobek cekung yang terbuat dari batu sampai kental.

Lalau setelah di siram bumbu tahu tek-tek ditaburkan kerupuk udang yang bentuknya kecil dengan diameter sekitar 3 cm.

Dinamakan tahu tek karena gunting yang digunakan untuk memotong bahan masakan (tahu, lontong, kentang, dan telur) dibunyikan terus seakan memotong, walaupun bahan makanan telah habis dipotong, sehingga seperti berbunyi tek..tek..tek.

8. Nasi Tumpang

Nasi Tumpang
Sumber: travel.tribunnews.com

Nasi Tumpang atau dalam bahasa jawa bernama sego tumpang menjadi salah satu makanan terbaik khas Kediri, Jawa Timur. Kuliner menarik yang satu ini wajib dicoba oleh Anda para pecinta dan pemburu kuliner enak.

Mkanan ini diberi nama nasi tumpang karena menunya yang menggunakan kuah sambal tumpang.

Sambal tumpang terbuat dari tempe basi atau biasa disebut tempe bosok oleh masyarakat Jawa. Tempe yang telah membusuk ini kemudian akan dimasak dengan ayam, krupuk kulit dan bisa juga menggunakan rambak.

9. Sate Madura

Sate Madura
Sumber: bisniswisata.co.id

Kamu pasti sudah mengetahui makanan yang satu ini. yaps, sate madura. Makanan ini sudah terkenal hampir ke seluruh kota kota besar di Indonesia, wajar saja kamu sudah mengetahuinya.

Sate Madura menggunakan daging ayam atau kambing dan menggunakan bumbu yang terbuat dari kecap manis dan gula jawa yang dicampur bawang putih, bawang goreng, dan kacang tanah goreng yang sudah dihaluskan, petis, kemiri dan garam.

Untuk sate madura yang menggunakan daging ayam biasanya dihidangkan dengan bumbu kacang, sementara sate kambing dihidangkan dengan kecap manis ditambah irisan bawang merah.

Ciri khas lain dari sate madura yaitu menggunakan irisan daging yang lebih kecil dari sate-sate lainnya.

Sate madura biasanya di hidangkan dengan nasi putih, lontong, atau ketupat, bisa juga ditambahi acar irisan bawang, mentimun dan cabai rawit.

10. Lontong Kupang

Lontong Kupang
Sumber: travelingyuk.com

Kuliner khas Jawa Timur berikutnya yaitu lontong kupang. Anda yang bukan berasal dari Jawa Timur pasti merasa asing dengan makanan yang satu ini.

Lontong Kupang sendiri sangat mudah ditemukan di daerah Surabaya, Pasuruan dan Sidoarjo.

Bagi Anda yang berada di pesisir Jatim juga mudah untuk menjumpai penjual yang menjajal menu lontong kupang. Lontong ini terbuat dari kupang putih (sejenis hewan laut menyerupai kerang dengan ukuran kecil).

Kupang putih selanjutnya dimasak setelah dikupas terlebih dahulu. Dan ditambah dengan bumbu serai, jahe, lengkuas, dan daun jeruk purut.

11. Lodho Ayam

Lodho Ayam
Sumber: infokuliner.com

Lodho ayam adalah menu terbaik khas Tulungagung, Jawa Timur. Anda bisa menemukan menu yang satu ini dengan mudah saat menginjakkan kaki ke Tulungagung.

Makanan ini terbuat dari bahan utama ayam yang dimasak dengan resep dan bumbu turun temurun dengan cita rasa yang telah mengudara kelezatannya.

Lodho ayam bahkan juga terdiri dari dua jenis masakan, terdapat lodho ayam dengan kuah encer dan lodho ayam kuah kental.

Sekian beberapa informasi tentang Makanan Khas Jawa Timur yang saya lansir

dari berbagai sumber.

Silahkan share jika bermanfaat????.

Silahkan beri komentar sekiranya ada yang kurang atau ada yang salah????.

Berikan Komentarmu