14 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh

Nilai
Penilaian Pengunjung
[Total: 0 Average: 0]

Kelor atau dalam bahasa latin Moringa Oleifera adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini memiliki ketinggian batang 7—11 meter. Manfaat daun kelor ada banyak sekali, mulai dari penyakit serius sampai penyakit biasa.

Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai dan daun kelor dapat olah menjadi sayur atau obat. Berikut yang akan saya bahas adalah manfaat daun kelor untuk dijadikan sebagai obat.

1. Mengobati Penyakit Jantung

Sumber: tribunnews.com

Daun kelor dapat mencegah dari kerusakan jantung dan bermanfaat sebagai antioksidan. Pemberian dosis 200 mg per kilogram berat badan setiap hari selama 30 hari, menghasilkan tingkat lebih rendah dari lipid teroksidasi dan jaringan jantung dilindungi dari kerusakan struktural.

Oleh karena itu para pakar berkesimpulan bahwa manfaat daun kelor sangat baik untuk kesehatan jantung.

Cara mengolah daun kelor agar menjadi obat penyakit jantung tidaklah mudah karna harus melewati beberapa tahapan yaitu:

Tahap Pencucuian

Pertama kamu harus menyiapkan beberapa tangkai daun kelor lalu cucui sampai bersih, setelah dicuci bersih pisahkan daun kelor dengan tangkainya. Buang bagian daun yang sudah menguning, daun kelor harus di pilih supaya manfaat yang akan kita dapatkan bisa optimal.

Tahap Pengeringan

Tahap kedua ini kamu bisa mengeringkannya dengan di angin-anginkan di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari. Mengapa tidak boleh terkena sinar matahari? karena paparan sinar matahari yang panas bisa mengurangi khasiat dari daun kelor.

Ketebalan daun kelor saat proses pengeringan ini juga harus dengan ketebalan maksimal 2 cm saja agar daun dapat cepat mengering. Bolak balik daun kelor agar bisa kering sempurna secara menyeluruh. Proses pengeringan ini biasanya berjalan selama 1-2 minggu.

Tahap Penumbukan

Pada tahap ini dilakukan penggilingan untuk mendapatkan daun kelor yang halus seperti bubuk dan nantinya akan dijadikan minuman teh.

Dan katanya manfaat teh daun kelor jauh lebih tinggi dibandingkan dengan olahan lainnya, oleh karna itu tahapan tahapan di atas harus dilakukan dengan benar.

Untuk penumbukan atau penghalusan ini kamu bisa menggunakan penggiling atau belender untuk menghaluskan daun kelor yang sudah kering.

  • Tahap Pembuatan Teh Daun Kelor

Ambil satu sendok daun kelor yang tadi sudah di haluskan dan seduh dengan segelas atau 120ml air panas. Setelah warna airnya berubah menjadi kecoklatan seperti teh saringlah seduhan daun kelor agar terpisah dari ampasnya, dan minum selagi hangat.

Khasiat teh daun kelor untuk kesehatan jantung ini akan terasa jika kamu mengkonsumsinya setiap hari dengan dosis 100 gram per-hari.

Dengan pengobatan alternatif seperti ini maka biaya yang kita keluarkan akan lebih sedikit ketimbang berobat ke dokter.

Baca juga Cara Membuat Teh Daun Kelor (Berserta manfaatnya)

2. Dapat Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Sumber: everydayhealth.com

Banyaknya kandungan antioksidan pada daun kelor juga dapat menstabilkan kadar gula pada darah. Gula darah yang tinggi adalah karakteristik utama diabetes dan mempertinggi resiko kamu terkena penyakit jantung.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa daun kelor mempunyai kandungan yang dapat menurunkan kadar gula pada darah yang salah satunya yaitu kandungan antioksidan yang tinggi.

Namun, sebagian besar bukti masih riset hasil pengujian pada hewan.

Cara mengolah daun kelor sebagai obat diabetes yaitu:

  • Siapkan 1 genggam atau sekitar 10-15 gram daun kelor muda.
  • Cuci dengan air hingga bersih, pelan-pelan dan jangan smpai teremas karna daun harus tetep segar agar khasiat yang di dapatkan bisa maksimal.
  • Siapkan wadah terbuat dari tanah liat atau keramik untuk merebus, lalu masukan daun kelor dan air sekitar tiga gelas.
  • Rebus hingga mendidih dan tersisa sekitar 1 gelas.
  • Lalu tiriskan rebusan tersebut hingga dingin kemudian saring.
  • Tambahkan pada ampas pertama tadi dengan 3 gelas air, kemudian rebus kembali hingga tersisa sekitar 1 gelas, setelah itu tiriskan dan saring lagi.
  • Ulangi satu kali lagi pada sisa rebusan yang barusan, perebusan dilakukan berulang agar kandungan pada daun kelor seluruhnya larut dalam air.

Campurkan ketiga air rebusan daun kelor tersebut dan minum 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas dan lakukan hingga 2-4 minggu dan manfaatnya pasti akan terasa pada tubuh anda.

3. Mengurangi Peradangan

Sumber: analiskesehatand3.blogspot.com

Реrаdаngаn аdаlаh rеsроn аlаmi dаri tubuh tеrhаdар infеksi аtаu cеdеrа dаn реnting sеbаgаi mеkаnismе реrlindungаn tubuh dan peradangan juga akar dari berbagai jenis penyakit, mulai dari radang tenggorokan, radang paru, hingga radang usus.

Namun pеrаdаngаn yаng bеrkеlаnjutаn diyаkini mеnjаdi sаlаh sаtu gеjаlа реnyаkit jаntung dаn kаnkеr. Kаndungаn аnti-inflаmаsi yаng tеrkаndung di dаlаm daun kelor dараt mеngurаngi реrаdаngаn раdа tubuh.

Untuk pengolahannnya bisa menggunakan cara di atas ⬆⬆⬆.

4. Melawan infeksi Oleh Bakteri

Sumber: tribunnews.com

Daun kelor ini juga memiliki kandungan yang berfungsi sebagai agen antimikroba yang ampuh.

Hal ini daidasarkan dari sebuah penelitian dalam Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, daun kelor mampu melawan pertumbuhan virus atau bakteri penyebab infeksi dalam tubuh kamu.

5. Menangkal radikal bebas

Sumber: hellosehat.com

Salah satu manfaat daun kelor yang sudah dikenal sejak berabad-abad lalu yaitu melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat memicu penuaan dini dan kerusakan organ dalam tubuh.

Daun kelor yang kaya akan antioksidan bisa mengikat radikal bebas sebelum diserap dan masuk ke dalam sel tubuh kamu.

6. Mengatasi Penyakit Kuning

Sumber: medium.com

Disebut penyakit kuning karena penyakit ini memang terlihat dari perubahan warna pada beberapa bagian tubuh. Biasanya pada bagian mata dan kuku.

Penyakit ini disebabkan karena adanya pembengkakan hati yang di sebabkan oleh virus. Untuk mengobati penyakit ini kamu bisa menggunakan ramuan daun kelor, berikut cara pembuatannya:

  • Siapkan 6-7 gagang daun kelor, lalu pisahkan daun dari gagangnya.
  • Cuci bersih daun kelor yang barusan sudah di pisahkan dari gagangnya.
  • Tumbuk sampai halus daun kelor yang sudah di cuci bersih barusan.
  • Tambahkan daun kelor yang sudah di tumbuk halus dengan segelas air kelapa hijau.
  • Aduk dan saring campuran daun dan air kelapa tadi.
  • Tambahkan madu dan minum ramuan ini sehari sekali sampai penyakit kamu sembuh.

7. Membantu Menyembuhkan Mata Rabun Senja

Sumber: obatrabunsenjaalami.shorturlgoogle.com

Rabun senja, atau nyctalopia, adalah penurunan daya penglihatan yang dialami seseorang pada saat senja hari atau pada saat pencahayaan meredup. Hal itu terjadi akibat kerusakan pada fungsi sel batang pada retina.

Daun kelor bisa menjadi obat untuk hal itu, caranya adalah:

  • Siapkan 3 tangkai daun kelor dan pidahkan daun dari gagangnya.
  • Cuci bersih daun yang sudah di pisahkan tadi.
  • Seduh daun yang sudah bersih tersebut dengan segelas air mendidih.
  • Aduk-aduk dan diamkan hingga mendingin lalu saring.
  • Tambahkan madu murni secukupnya dan minum ramuan ini sebelum tidur malam.

8. Mengobati Cacingan

Sumber: okezone.com

Cacingan adalah penyakit yang sering kali di temukan pada anak-anak, jika kamu atau anak kamu mengalami cacingan kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan daun kelor. Caranya membuatnya adalah:

  • 3 tangkai daun kelor, pisahkan daun dari gagangnya lalu cuci bersih.
  • 5 lembar daun cabai di cucui berssih.
  • 1-2 batang meniran di cucu bersih.
  • Lalu rebus ketiga bahan tersebut dengan dua gelas air hingga mendidih dan tersisa kira-kira satu gelas.
  • Saring ramuan tersebut dan minum ketika sudah hangat, minum ramuan ini setiap hari sekali setelah makan.

9. Sebagai Penyedia Energi

Sumber: indonesia.blogspot.com

Teh daun kelor mampu membuat tubuh menjadi berenergi sepanjang hari jika kamu mengkonsumsinya di pagi hari. Tubuh mu akan menjadi terasa lebih berenergi dan kamu akan menjadi lebih produktif.

10. Meningkatkan Fungsi Ekresi

Sumber: hellosehat.com

Teh daun kelor juga ternyata membantu memperbaiki dan meningkatkan fungsi ginjal dan hati. Tubuh akan menjadi bugar dan sehat jika fungsi pembuangan limbah atau pencernaan bekerja secara normal.

11. Menyehatkan Rambut

Sumber: hellosehat.com

Nutrisi pada daun kelor juga dapat menguatkan, menyehatkan, melebatkan, dan membuat rambut menjadi lebih mengkilap.

12. Manfaat Daun Kelor Untuk Menghilangkan Flek Wajah, Memutihkan Kulit, Menghilangkan Jerawat, dan juga Komedo

Sumber: naobeskincare.com

Daun kelor juga bisa mebuat kamu menjadi lebih cantik loh, caranya tumbuk segegnggam daun kelor muda smpai benar-benar halus lalu aplikasikan terhadap wajah sebagai masker, lalu diamkan 20-30 menit lalu cuci wajah kamu dengan air hangat.

Lakukan seminggu 3 kali secara rutin dan kamu akan mendapatkan wajah yang bersih dan indah.

13. Menurunkan Panas Demam Pada Anak

Sumber: hellosehat.com

Ketika kamu menderita penyakit demam kamu bisa menurunkan panas demam menggunakan daun kelor.

Caranya yaitu haluskan 3 gagang daun kelor lalu tempelkan pada ubun-ubun. Hal ini dianjurkan dilakukan saat pagi hari dan jangan saat siang hari.

Untuk hasil yang lebih optimal buatlah 1 gelas minuman sari daun kelor, caranya tumbuk 2 gagang daun kelor bersama 2 siumng bawang merah, kemudian tambahkan 1 gelas air lalu peras dan saring.

Beri minum anak anda dengan ramuan ini pada waktu pagi dan malam hari.

14. Manfaat daun kelor untuk meningkatkan produksi ASI

Sumber: orami.co.id

Bagi ibu menyusui dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi daun kelor, karena daun kelor bermanfaat untuk meningkatkan jumlah produksi ASI dan menjaga kualitas ASI, sehingga bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan sel otak bayi.

Ada banyak sekali kan manfaat dari daun kelor ini, sebenarnya masih banyak manfaat daun kelor yang mungkin belum kita ketahui, kita dapat mengetahuinya jika daun kelor di lakukan penelitian lebih lanjut.

Sekian beberapa informasi tentang Manfaat Daun Kelor yang saya lansir dari berbagai sumber.

Silahkan share jika bermanfaat????.

Silahkan beri komentar sekiranya ada yang kurang atau ada yang salah????.

Berikan Komentarmu