17 Manfaat Daun Sirih Untuk Pengobatan

Nilai
Penilaian Pengunjung
[Total: 0 Average: 0]

Sejak dahulu daun manfaat daun sirih memang sudah terkenal akan dan bisa jadi andalan untuk mengobati berbagai macam penyakit, selain itu daun sirih juga sangat mudah untuk kita jumpai, biasanya tanaman ini terdapat di pekarangan rumah atau di kebun-kebun belakang rumah.

Ada beberapa jenis tanaman sirih yang ada di indonesia, diantaranya sirih hijau, sirih kuning, sirih merah dan sirih mini. Setiap jenis daun sirih memiliki manfaat yang berbeda, namun ada juga beberapa manfaat yang sama.

Manfaat daun sirih antara lain adalah obat batuk, obat keputihan obat demam berdarah dan masih banyak lagi. Berikut saya akan menjelaskan tentang manfaat daun sirih dan cara penggunaan nya.

#sirih hijau

1. Obat Batuk (Berdahak/Kering)

Sumber: allodokter.com

Kamu bisa menggunakan air rebusan daun sirih untuk mengobati batuk berdahak atau batuk kering.

Memang belum ada penelitian tentang manfaat daun sirih untuk mengobati penyakit batuk, namun sudah banyak yang membuktikan bahwa air rebusan daun sirih ampuh untuk mengobati batuk.

Cara membuat :

  • Siapkan aun sirih 10 lembar.
  • Cuci bersih daun sirih.
  • Lalu masukan daun sirih kedalam panci dengan air 500 ml atau dua gelas air minum kemasan (aqua gelas), kemudian rebus hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, diamkan hingga air tidak begitu panas dan siap diminum.
  • Bisa di tambahkan madu agar rasanya tidak begitu getar dan pait, madu juga bisa membantu untuk meredakan batuk, cek manfaat madu.

2. Obat Luka Bakar Ringan

Sumber: aylayumna.com

Yaps, daun sirih juga bisa di gunakan sebagai obat luka bakar. Ada dua cara untuk mengobati luka bakar dengan daun sirih.

– Kompres daun sirih

Caranya siapkan satu atau dua lembar daun sirih, lalu panaskan dengan uap panas hingga layu atau dengan merebusnya sebentar hingga layu, lalu setelah itu tempelkan daun sirih yang sudah layu pada luka kamu hingga muncul rasa sejuk.

– Ramuan daun sirih dan madu

Siapkan 10 lembar daun sirih, lalu tumbuk hingga halus setelah halus peras tumbukan daun sirih hingga mengeluarkan air. Ambil air perasan daun sirih dan campurkan dengan madu, kemudian oleskan ramuan itu pada bagian yang terkena luka bakar.

Dengan dua cara di atas luka bakar yang kamu alami pasti tidak akan mengalami infeksi dan akan cepat kering.

Baca juga 14 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh

3. Mengobati Asthma

Sumber: clevelandclinic.com

Penyakit asthma adalah penyakit yang sangat merepotkan dan bisa menyebabkan kematian. Gangguan pernafasan yang muncul berupa sesak serta sulit bernafas sangat menyiksa penderita asthma.

Anda dapat mengobati penyakit asthma dengan meminum air rebusan daun sirih hijau setiap hari secara rutin.

4. Mengobati Penyakit Asam Urat

Sumber: tribunnews.com

Asam urat trjadi karna meningkatnya kadar purin dalam tubuh. Peningkatan kadar purin menyebabkan timbulnya kristal mikro yang tajam-tajam, jika jumlahnya banyak dapat menyebabkan penimbunan pada sendi sehingga akan mengakibatkan pembengkakan saat kamu terlalu banyak bergerak.

Dengan meminum air rebusan daun sirih hijau secara rutin kamu dapat mengobati asam urat karna kandungan yang terdapat pada daun sirih dapat menghilangkan kristal mikro pada bagian yang sakit.

5. Melancarkan Haid

Sumber: plapanews.com

Haid atau menstruasi yang tidak lancar pasti sangat mengganggu bagi kaum wanita, karna haid yang tidak lancar datang lebih cepat atau jangka haid jadi lebih lama.

Tapi tenang saja karna daun sirih bisa jadi obat untuk mengatasi hal tersebut, cara untuk mengobati haid yang tidak teratur dengan rebusan daun sirih yaitu.

Siapkan 3-5 helai daun sirih lalu rebus daun sirih bersama air 300 ml atau kurang lebih tiga gelas hingga mendidih sampai kira kira airnya sudah berkurang setengahnya.

Lalu diamkan sampai air menjadi hangat lalu saring air rebusan daun sirih setelah itu minum selagi masih hangat.

6. Membantu Menghilangkan Rasa Nyeri ketika Haid

Rasa nyeri saat haid pasti sangat menyiksa bagi kamu yang mengalaminya, tapi tenang air rebusan daun sirih hijau juga bisa mengurangi rasa sakit itu.

Kamu hanya perlu meminumnya setiap hari secara rutin dan kamu pasti akan merasakan khasiatnya.

7. Mengobati Fluor Albus atau Keputihan

Keputihan atau alour albous merupakan sekresi vaginal pada wanita. Keputihan biasanya disebabkan oleh infeksi. biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina atau di sekitar bibir vagina bagian luar. Yang sering menimbulkan keputihan ini adalah bakteri, virus, jamur atau juga parasit.

Kandungan pada daun sirih hijau dapat membunuh dan menghilangkan bakteri, virus, jamur atau parasit pada vagina, caranya dengan meminum air rebusan daun sirih hijau secara rutin.

#sirih merah

8. Menghentikan Epistaksis atau Mimisan

Sumber: gazedita.al

Mimisan adalah darah yang keluar dari hidung berasal dari bagian depan hidung atau belakang hidung, dan darah juga bisa keluar dari satu atau kedua lubang hidung. Namun, kebanyakan mimisan berasal dari bagian depan dan hanya keluar dari satu lubang hidung.

Manfaat daun sirih merah bisa di gunakan untuk menghentikan mimisan yang berasal dari bagian depan atau belakang hidung. Kandungan fenil poppies dan terpene pada sirh merah dapat menghentikan mimisan,

Caranya cukup gulungkan selembar daun sirih merah lalu masukan pada lubang hidung yang terkena mimisan.

9. Pengobatan Tukak Lambung atau Mag

Sumber: klikdokter.com

Dinding lambung biasanya dilapisi selaput (mukus) yang melindungi dinding dari asam lambung. Peningkatan kadar asam lambung atau penipisan selaput pelindung lambung berpotensi memicu munculnya tukak lambung. Penyebab umum yang dapat menurunkan perlindungan dinding lambung terhadap asam lambung adalah infeksi bakteri Helicobacter Pylori.

Kandungan vitamin C serta zat anti-septik pada daun sirih merah mampu melawan bakteri Helicobacter Pylori yang menyebabkan tukak pada lambung.

Cara menggunakan daun sirih untuk mengobati tukak lambung yaitu kunyah 1 atau 2 lembar daun sirih merah, kulum selama kurang lebih 10 menit, kemudian dibuang. Lakukan cara itu minimal 2 kali sehari maka tukak pada lambung perlahan akan menghilang.

10. Meredakan Gusi Berdarah

Sumber: rohmancintadamai.blogspot.com

Gusi sering berdarah merupakan salah satu tanda adanya penyakit pada gusi. Beberapa Penyebab utama gusi sering berdarah adalah penumpukan plak di garis gusi, perubahan hormon saat kehamilan, menyikat gigi terlalu keras, terkena leukemia, adanya infeksi, dan lain-lainnya.

tapi tenang saja itu semua bisa diobati dengan menggunakan daun sirih merah. Kandungan saponin, tanin, kalsium, dan mineral fosfor akan meredakan peradangan pada gusi berdarah. Caranya rebus 10 lembar daun sirih merah dan gunakan airnya untuk kumur 3 kali sehari.

11. Obat Bronchitis

Sumber: expertchikitsa.com

Bronkitis sering disebabkan oleh infeksi virus pernapasan dan biasanya akan membaik dengan sendirinya, namun ada juga yang membutuhkan perawatan.Gejala bronkitis termasuk batuk lendir kental dan sesak napas. Pengobatan biasanya termasuk obat untuk meredakan batuk, yang bisa berlangsung selama berminggu-minggu.

Antibiotik biasanya tidak dianjurkan, nah cara alami untuk menyembuhkan bronkitis adalah menggunakan sirih merah. Caranya rebus 6-10 lembar daun sirih dalam 300 ml air sampai airnya kira-kira tinggal separuh. Minum secara teratur 3 kali sehari.

12. Mengobati Sakit Perut

Sumber: plapanews.com

Sakit perut adalah rasa sakit yang muncul di antara bagian dada dan panggul. Penderita sakit perut bisa merasakan sensasi kram, pegal, dan tertusuk di area perut.

Kandungan terpenoid dan klavikula pada daun sirih merah bisa mengobati sakit perut. Minum air rebusan 7 lembar daun sirih dan 3 kali sehari untuk menyembuhkan gangguan pada perut.

13. Mengobati Gatal Karena Alergi

Sumber: hellosehat.com

Alergi adalah kondisi atau reaksi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi secara tidak normal terhadap zat asing tertentu.

Untuk mengobati gatal karena alergi caranya siapkan air rebusan 20-30 lembar daun sirih merah, lalu gunakan untuk mandi 2 kali sehari.

14. Obat Prostatitis atau Infeksi Pada Prostat Karna Bakteri

Sumber: prostatecenter.com

Kondisi ini biasanya disebabkan karena adanya infeksi pada saluran kemih yang kambuh dan infeksi tersebut telah memasuki kelenjar prostat. Kesulitan pada jenis prostatitis ini adalah sulitnya ditemukan bakteri pada urin. Pengobatan yang dilakukan biasanya dengan memberikan antibiotik untuk jangka waktu yang lama dan membutuhkan banyak biaya.

Nah daun sirih merah bisa di gunakan untuk menghilangkan bakteri pada saluran prostat dan mengobari prostatitis. Kandungan tanin, saponin, dan hydroxychavicol akan meregenerasi sel-sel di kelenjar prostat.

Caranya meminum air rebusan daun sirih muda 3-7 lembar sebanyak 3 kali sehari secara rutin.

15. Menstabilkan Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Sumber: liputan6.com

Hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 milimeter merkuri (mmHG). Angka 140 mmHG merujuk pada bacaan sistolik, ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh.

Sementara itu, angka 90 mmHG mengacu pada bacaan diastolik, ketika jantung dalam keadaan rileks sembari mengisi ulang bilik-biliknya dengan darah.

Manfaat daun sirih merah bisa digunakan untuk menstabilkan hipertensi, caranya yaitu campurkan air rebusan daun sirih merah dengan madu, kemudian minum 2 kali sehari.

16. Pengobatan Payudara Bengkak Setelah Menyusui

Sumber: okezone.com

Kalau kamu sedang menyusui anak kamu, maka kamu juga akan mengalami payudara membengkak. Hal ini disebabkan oleh produksi susu di dalam payudara. Terkadang, bayi yang mengisap payudara bisa menyebabkan pembengkakan sementara, untuk itu kamu tidak perlu khawatir.

Manfaat daun sirih bisa digunakan untuk mengobati payudara bengkak setelah menyusui. Senyawa allylprokatecol dan carvacrol akan membantu meregangkan otot-otot payudara yang meradang.

Caranya akar daun sirih merah sampai layu dan tempelkan pada payudara yang bengkak selagi masih hangat.

17. Mengobati Tumor

Sumber: meeerina.blogspot.com

Sel-sel tua tidak mati walaupun sudah saatnya, dan sel-sel baru akan terbentuk meskipun tubuh tidak memerlukannya. Akibatnya, kumpulan sel-sel tambahan ini akan membentuk suatu gumpalan, atau yang biasa disebut dengan tumor.

Senyawa anti oksidan, flavanoid, dan terpenoid pada daun sirih merah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. ketika sistem kekebalan meningkat, maka sel-sel darah putih dalam tubuh akan menghancurkan sel-sel tumor pada tubuh.

Sekian beberapa informasi tentang Manfaat Daun Sirih yang saya lansir dari berbagai sumber.

Silahkan share jika bermanfaat????.

Silahkan beri komentar sekiranya ada yang kurang atau ada yang salah????.

Berikan Komentarmu