10 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

Nilai
Penilaian Pengunjung
[Total: 0 Average: 0]
Tanaman sirsak atau dengan nama latin Annona muricata L memiliki sangat banyak manfaat lho, dan manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang paling fenomenal adalah untuk mengobati kanker dan juga dapat mengobati beberapa penyakit berbahaya lainya.

Hal ini dikarenakan sudah banyak penelitian yang dilakukan dan menemukan bahwa hampir seluruh bagian dari sirsak mulai dari kulit, daun, akar, dan buahnya dapat dijadikan sebagai obat herbal tradisional yang ampuh untuk tubuh manusia.

Berikut yang akan saya ulas adalah mengenai daun sirsak yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah dan Mengobati 7 Jenis Kangker

Kangker
Sumbe: merdeka.com

Daun sirsak dapat menghambat sel kanker dan menyembuhkan kanker lebih cepat dan efektif dibandingkan kemoterapi yang menghasilkan beberapa efek samping dan juga biaya yang sangat mahal.

Senyawa aktif acetogenins yang terkandung pada daun sirsak dapat membasmi sel-sel kangker dengan cara menghambat pasokan ATP (Adenosina Trifosfat).

ATP adalah sumber energi yang ada di dalam tubuh, semua sel membutuhkan ATP sebagai sumber energinya trmasuk sel kangker.

Apabila pasokan ATP terhenti maka sel-sel akan mengalami apoptosis atau mati bunuh diri.

Namun sel yang mati hanyalah sel-sel yang tidak normal, bukan sel-sel yang normal, karna acetogenins pada daun sirsak dapat membedakan antara sel-sel yang normal dan yang tidak normal.

Bahkan, penelitian telah membuktikan bahwa daun sirsak juga memiliki bahan aktif yang 10,000 kali lebih kuat dari kemoterapi dalam melawan sel-sel kanker.

Dengan begitu, daun sirsak dapat mengobati berbagai jenis kanker yaitu kangker prostat, paru-paru, pankreas, ginjal, usus, serviks dan kanker payudara.

2. Obat Kejang-kejang

Kejang kejang
Sumber: hellosehat.com

Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh N Guemo et al., pada tahun 1997 yang menyatakan bahwa ekstrak daun sirsak secara signifikan dapat mengurangi kejang tonik atau kekakuan yang dapat menimbulkan kematian.

Kejang adalah respon terhadap muatan listrik yang tidak normal di dalam otak. kejang merupakan gangguan neurologis yang umumnya terjadi pada anak-anak. Biasanya terjadi dengan frekuensi 4 sampai 6 per 1.000 anak dan sepertiganya mengalami kejang kambuhan (epilepsi).

Ekstrak daun sirsak dapat digunakan untuk mengobati kejang-kejang, senyawa proaktif yang terdapat pada daun sirsak dapat membantu merelaksasi otot-otot dan menguatkan saraf-saraf dalam tubuh sehingga membuat kemungkinan terjadinya kejang-kejang menurun.

3. Menyembuhkan Sembelit dan Masalah Pencernaan

Pencernaan
Sumber: hellosehat.com

Air rebusan daun sirsak dapat menyembuhkan sembelit dan masalah lain yang timbul akibat masalah pencernaan.

Dengan menjaga pencernaan tetap lancar, maka tubuh pun akan menjadi terasa lebihsegar karena zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh segera terbuang melalui feses yang keluardalam proses buang air besar.

4. Menyamarkan Flek-flek Hitam di Wajah dan juga Menghilangkan Komedo

Noda di wajah
Sumber: cantikanggun.com

Daun sirsak juga bisa digunakan untuk masalah kecantikan. Daun sirsak bisa dijadikan sebagai masker untuk wajah, atau direbus dan langsung diminum air rebusannya untuk menghilangkan flek-flek hitam dan komedo.

Air rebusan daun sirsak juga dapat mengencangkan kulit wajah dan membuat wajah terlihat lebih segar dan cantik.

5. Mengobati Asam Urat

Asam urat
Sumber: kompas.com

Asam urat trjadi karna meningkatnya kadar purin dalam tubuh. Peningkatan kadar purin menyebabkan timbulnya kristal mikro yang tajam-tajam, jika jumlahnya banyak dapat menyebabkan penimbunan pada sendi sehingga akan mengakibatkan pembengkakan saat kamu terlalu banyak bererak.

Peningkatan kadar purin tersebut terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi kadar purin nyaa atau memang sistem pembuangan dari tubuh sudah tidak berjalan dengan normal lagi karna pengaruh usia atau penyakit tertentu.

Ekstrak daun sirsak memiliki efek diuretic (peluruh kencing) yang membuat sekresi asam urat melalui urin dapat berjalan lancar.

Daun sirsak juga memiliki sifat anti inflamasi (menekan peradangan). serta membedakan rasa nyeri yang timbul akibar terbentuknya kristal-kristal asam urat.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Imune tubuh
Sumber: agroteknologi.web

Berdasarkan penelitian yanng dilakukan oleh Asolkar ct al., pada tahun 1992 menyatakan bahwa senyawa acetogenins dan beberapa alkaloid muricolin, cauxine, couclamine, stepharine, dan reticulin di pada daun sirsak mampu bertindak sebagai antibakteri.

Khasiat daun sirsak mampu mengatasi berbagai jenis penyakit dan infeksi yang disebabkan oleh lemahnya sistem kekebalan tubuh seseorang.

7. Meningkatkan Produksi ASI

botol susu
Sumber: orami.co.id

Selama masa kehamilan dan menyusui, ibu disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak lemak tak jenuh tunggal seperti yang terkandung pada daun sirsak.

Namun, anda harus menghindari lemak jenuh dan kolesterol. kamu harus menerapkan diet secara umum mengkonsumsi kalori yang terkendali supaya tidak mengalami kenaikan berat badan dan membantu melancarkan manfaat daun sirsak untuk ASI.

Kandungan senyawa yang disebut dengan galactogogue pada daun sirsak diketahui mampu mendorong keluarnya air susu ibu. Sehingga nutrisi bayi akan terpenuhi ketika sang ibu menyalurkan air susu kepada bayi.

Selain itu dengan mengkonsumsi buah sirsak, produksi ASI secara keseluruhan akan meningkat.

8. Menambah Energi Ketika Setelah Melahirkan

Wanita Kuat
Sumber: indonesia.blogspot.com

Setelah proses bersalin, energi tubuh wanita yang melahirkan akan terkuras habis dan butuh waktu yang lumayan lama untuk pemulihan. Jika tidak dibarengi dengan asupan gizi yang cukup maka akan semakin lama prosesnya untuk pulih.

Meminum ramuan herbal dari rebusan daun sirsak bisa dijadikan alternatif untuk memulihkan energi tubuh ibu pasca melahirkan.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada daun  sangat kompleks dan lebih dari cukup untuk mengembalikan energi tubuh dan juga sekaligus memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh.

9. Mencegah Munculnya Depresi yang Sering Muncul Saat Menyusui

Depresi
Sumber: kumparan.com

Aktifitas menyusui bagi sebagian ibu dapat menjadi aktifitas yang membosankan dan dapat memicu depresi. Daun sirsak memiliki 3 senyawa alkaloid, yaitu asimilobine, nornuciferin, dan annonaine yang dapat menghambat pengambilan serotonin menjadi pemicu terjadinya depresi pada otak.

10. Mengobati Sakit Pinggang

Sakit pinggang
Sumber: hellosehat.com

Sakit pinggang sering terjadi ketika bertambah usia dan saat sedang berolahraga. Jika kamu enggunakan obat-obatan kimia untuk sakit pinggang maka bisa menyebabkan efek samping.

Daun sirsak juga merupakan obat herbal yang efektif untuk mengatasi nyeri pinggangvtanpa ada efek negatif.

TIPS

Sumber: ohgitu.id

Ekstrak daun sirsak bisa dikonsumsi dengan cara meminum air rebusan daun sirsak.

Pertama yang harus dilakukan adalah memetik daun sirsak yang berwarna hijau tua sebanyak kurang lebih 15 helai daun, kemudian cuci bersih daun tersebut, lalu rebus daun sirsak dalam 3 gelas air hingga menjadi 1 gelas dan dengan menggunakan alat yang terbuat dari bahan yang tidak menguraikan zat-zat berbahaya, seperti bejana tanah liat, panci enamel, dan panci bening.

Lalu tuang air rebusan kedalam gelas dan buang daunnya. Tunggu air menjadi dingin, kemudian langsung di minum untuk sekali habis.

Air rebusan daun sirsak ini dapat dikonsumsi dua kali sehari, pagi dan sebelum tidur untuk penderita penyakit kanker.

Namun, untuk orang yang sehat, dapat mengkonsumsinya sekali dalam sebulan atau dua bulan saja.

Sekian beberapa ulasan tentang Manfaat Daun Sirsak yang saya lansir dari berbagai sumber.

Silahkan share jika bermanfaat????.

Silahkan beri komentar sekiranya ada yang kurang atau ada yang salah????.

Berikan Komentarmu