14 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh

Nilai
Penilaian Pengunjung
[Total: 0 Average: 0]

Madu adalah cairan yang sekilas menyerupai sirup namun lebih kental dan rasanya lebih manis. Ada banyak sekali manfaat madu yang berguna untuk tubuh.

Madu berasal dari nektar yang dihasilkan oleh lebah. Rasa manis pada madu disebabkan adanya unsur glukosa dan monosakarida fruktosa yang memang merupakan perasa manis pada gula.

Berikut yang akan saya ulas adalah beberapa manfaat madu untuk kesehatan tubuh.

1. Sumber Nutrisi yang Lengkap

Makanan Sehat
Sumber: sahabatnestle.co.id

Madu sudah dikenal sejak dahulu memiliki banyak kandungan nutrisi yang tinggi, lengkap dan seimbang yang baik bagi tubuh manusia.

Kandungan nutrisi pada madu sangat bervariasi tergantung pada asal nektarnya. Dengan pengolahan yang benar, madu dapat memiliki nilai nutrisi yang tinggi.

Analisa madu secara umum:

  • Fruktosa: 38.2%
  • Glukosa: 31.3%
  • Maltosa: 7.1%
  • Sukrosa: 1.3%
  • Air: 17.2%
  • Gula paling tinggi: 1.5%
  • Abu (analisis kimia):0.2%
  • Lain-lain: 3.2%
Baca Juga 14 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh

Kekentalan madu adalah sekitar 1,36 kg per liter. Atau sama dengan 36% lebih kental daripada air.

2. Memusnahkan Bakteri Dalam Tubuh

Bakteri
Sumber: tribunnews.com

Sebuah studi ilmiah baru-baru ini telah menemukan bahwa madu memiliki karakteristik khusus yang membantu untuk mempertahankan melawan kuman.

Madu juga memiliki kemampuan untuk tahan terhadap bakteri yang mengubah sistem kekebalan tubuh mereka terhadap obat standar.

Madu diwaktu yang lalu madu, selalu digunakan sebagai obat alami untuk banyak penyakit. Studi baru ini mungkin akan menjadi pembuka menggunakan madu untuk keperluan medis.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Metabolisme Tubuh
Sumber: suka-suka.web.id

Madu memiliki peran penting dalam mengelola obesitas. Madu membantu mempercepat metabolisme yang pada tugasnya membantu tubuh untuk lebih banyak membakar lemak.

Madu membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Sehingga dapat menurunkan berat badan.

Dan juga Madu sangat baik untuk metabolisme dan perkembangan tubuh yang sempurna.

4. Mengurangi Batuk

Batuk
Sumber: citraindonesia.com

Memberikan satu sendok makan madu setiap beberapa jam sekali bisa mengurangi iritasi pada tenggorokan.

Efektivitas madu untuk mengurangi batuk akan lebih terasa pada anak kecil ketimbang orang dewasa.

Madu mengandung lebih dari 181 zat antioksidan dan nutrisi, serta berkhasiat sebagai antimikroba. Itulah sebabnya madu cukup efektif untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk.

Selain itu madu juga bisa memicu mekanisme tenggorokan saat menelan sehingga mengurangi rasa sakit.

5. Meningkatkan Daya Ingat

Berfikir
Sumber: thehappydept.com

Madu juga bisa digunakan untuk meredakan kecemasan dan meningkatkan daya ingat. Hasil tersebut ditemukan setelah penelitian dari University of Waikato melakukan percobaan kepada tikus selama satu tahun.

Jika kita mengkonsumsi satu sendok madu  setiap pagi maka dapat meningkatkan daya ingat otak.

6. Mencegah Kangker

Sel Kangker
Sumber: bangka tribunnews.com

Penyakit kanker tidak bisa diobati hanya dengan mengkonsumsi obat. Penyakit kanker hanya bisa sembuh dengan mengangkat sel kanker dari tubuh dengan cara menghambat pertumbuhan sel kankernya atau operasi.

Madu memiliki kemampuan untuk mencegah sel kanker tumbuh, ini terjadi karena di dalam madu terdapat kandungan-kandungan yang baik untuk metabolisme tubuh dan imun di dalam tubuh.

Selain itu, ketidak seimbangan hormonal yang menjadi salah satu penyebab kanker juga dicegah dengan mengkonsumsi madu yang bisa menyeimbangkan hormon di dalam tubuh untuk kemudian menghambat pertumbuhan sel kanker.

*Untuk Hasil yang lebih meyakinkan gunakan Madu Klaceng

7. Meminimalisir Efek Kemoterapi dan Radioterapi Pada Penderita Kangker

Kemo Terapi
Sumber: hellosehat.com

Kemoterapi dan radioterapi adalah salah satu cara untuk mengontrol pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi madu selama terapi, madu mampu meminimalisir efek samping dari terapi tersebut.

Hal itu terjadi karena madu dapat meningkatkan antibodi dan pertahanan di dalam tubuh. Hal ini tentunya baik untuk perkembangan kesehatan penderita kanker yang melakukan kemoterapi dan radioterapi.

8. Meningkatkan Sistem Imune Tubuh

Imune tubuh
Sumber: agroteknologi.web

Khasiat berikutnya dari madu yaitu meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh dan juga meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Ketika sistem daya tahan dan metabolisme tubuh dalam keadaan yang sangat baik.

Pada kenyataannya madu memang baik untuk para penderita. Kamu bisa mengkonsumsi madu secara teratur dengan cara mencairkannya dengan segelas air ditambah madu satu sendok makan dan meminumnya.

Dengan mengkonsumsi madu secara teratur, maka sistem imunitas tubuh anda akan meningkat.

9. Mengurangi Resiko Terkena Serangan Jantung

Serangan jantung
Sumber: tribunnews.com

Mengkonsumsi madu secara teratur bisa mengurangi resiko penyakit jantung, bedasarkan studi awal yang diterbitkan dalam “ Journal of Medicinal Food”.

Beberapa studi ilmiah menyarankan dengan mengkonsumsi madu bisa mengurangi tekanan darah yang menyebabkan penyakit jantung.

Hasil riset studi merekomendasikan bahwa madu mempunyai efek yang positif bagi penderita penyakit jantung.

Dalam relative singkat, madu juga bisa menurunkan kolesterol dan yang paling dramatis adalah menurunkan tingkat CRP terhadap orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi.

CRP adalah penyebab penyakit jantung selain kolesterol.

10. Mencegah dan Mengurangi Diabetes

Diabetes
Sumber: everydayhealth.com

Madu hitam mempunyai zat yang sangat penting bagi tubuh terutama bagi penderita diabetes.

Karena dengan mengkonsumsi madu hitam bisa membantu mengurangi kadar gula berlebih yang bisanya menjadi masalah utama diabetes.

Jadi cukup konsumsi madu hitam pahit tanpa dicampur dengan bahan apapun secara rutin sebelum makan. Setelah itu tunggu saja khasiatnya dalam beberapa hari.

11. Mengobati Luka Luar

Luka Berdarah
Sumber: vidio.com

Madu untuk luka terbuka sudah digunakan sejak dahulu dan terbukti efektif khasiatnya dan fungsi madu sebagai bagian dari properti medis.

Riset mengenai manfaat madu untuk luka sendiri salah satunya dilakukan oleh tim pekerja di unit riset madu Wakaito, Selandia Baru.

Berbagai pengecekan dan penelitian yang dilakukan membuktikan bahwasanya luka-luka yang kecenderungan sembuhnya sulit dapat disembuhkan dengan menggunakan terapi madu.

Diantara luka tersebut seperti inflamasi, pembengkakan, dan bahkan dapat menghentikan bau busuk pada luka.

12. Membantu Mengobati dan Menghilangkan Alergi

Gatal Alergi
Sumber: alodokter.com

Universitas Connecticut Health Center manjalankan penelitian untuk membandingkan manfaat madu yang dipasteurisasi atau yang telah disterilkan, dengan madu mentah atau madu yang belum diolah.

Hasilnya, orang yang mengonsumsi madu yang murni bisa sembuh dari alergi. Namun, menurut penelitian Universitas Islam Internasional Malaysia, mengonsumsi madu dalam dosis tinggi justru dapat meningkatkan alergi.

Kedua penelitian ini sangat bertentangan dan hanya menggunakan sampel yang sedikit atau dalam jumlah kecil. Penelitian skala besar sangat perlu untuk meneliti lebih lanjut bahwa manfaat madu dapat mengatasi alergi.

13. Menghaluskan Bibir Pecah-pecah

Bibir Sehat
Sumber: ngegas.com

Keadaan bibir kering dan pecah-pecah biasanya disebabkan karena bibir kehilangan kelembaban alaminya. Hal ini bila dibiarkan terus menerus akan menyebabkan perih bahkan berdarah.

Madu bisa menjadi solusi untuk itu, caranya adalah oleskan madu pada bibir Anda yang kering dan pecah-pecah secara merata (seperti masker bibir).

Lalu lakukan juga pijatan-pijatan lembut saat mengoleskannya dan biarkan madu meresap dan terbilas secara alami.

14. Penambah Stamina Untuk Ibu Hamil

Ibu Hamil
Sumber: olanatic.com

Madu untuk ibu hamil merupakan suplemen penambah tenaga dan ketahanan diri selama mengandung dan pada saat menjelang masa kelahiran bayi.

Selain itu madu juga membantu menambah nafsu makan dan juga mengurangi rasa mual pada ibu hamil.

 

Sekian beberapa ulasan tentang Manfaat Madu yang saya lansir dari berbagai sumber.

Silahkan share jika bermanfaat????.

Silahkan beri komentar sekiranya ada yang kurang atau ada yang salah????.

Berikan Komentarmu