14 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nilai
Penilaian Pengunjung
[Total: 0 Average: 0]

Kali ini saya akan melansir beberapa hal tentang Manfaat Minyak ZaitunMinyak zaitun adalah minyak hasil dari perasan buah pohon zaitun. Pohon Zaitun pertama kali di domestikasi di Mediterania Timur antara 8.000 dan 6.000 tahun yang lalu.

Minyak zaitun memiliki banyak sekali manfaat, Allah SWT juga memujinya dalam Surat An-Nur Ayat 35; “… Yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi. Yaitu pohon yang tumbuh tidak di sebelah timur dan tidak pula di sebelah barat. Minyaknya saja hampir -saling disangi meskipun tidak disentuh api ”.

Berikut adalah beberapa manfaat minyak zaitun yang saya kutip dari berbagai sumber.

1. Mengurangi Kolestrol Berbahaya

Kolestrol
Sumber: upaae.com

Banyak riset membuktikan bahwa minyak zaitun menurunkan total kadar kolesterol dan kolesterol berbahaya, tanpa mengurangi kandungan kolesterol yang bermanfaat.

Minyak Zaitun atau mengandung  campuran antioksidan potensial yang dapat menekan kolesterol tanpa mengganggu kadar kolesterol  baik (HDL) Anda.

Efek minyak zaitun dalam menurunkan kolesterol akan lebih besar jika Anda memilih minyak zaitun ekstra murni.

2. Membunuh Sel Kangker

Sel Kangker
Sumber: bangka tribunnews.com

Peneliti menemukan bahwa zat OC yang terkandung pada minyak zaitun extra virgin bisa membasmi sel kangker dengan cepat, zat ini bisa membunuh sel kanker hanya dalam waktu 30 menit.

Dan dari hasil penelitian, ada kabar yang lebih baik lagi, karena zat ini tidak menyebabkan efek apapun terhadap sel-sel  normal yang tidak terkena kanker.

Sebenarnya efek kesehatan dari zat oleo chantal sudah bukan hal baru lagi. Pada penelitian tahun 2014 lalu telah mengungkap bahwa OC bisa memberikan efek zat anti-peradangan dan efek kemoterapi pada pasien.

3. Minyak Zaitun Mengurangi Resiko Terjadinya Penyumbatan dan Penebalan Pada Pembuluh Darah

Pemnumbatan Pembukuh Darah
Sumber: vcosemeru.co.id

Dalam sebuah kajian yang dipublikasikan pada bulan Desember 1999 di Majalah AMJ Clin Nutrl, para peneliti menyatakan bahwa nutrisi pada minyak zaitun bisa mengurangi pengaruh negatif lemak dalam makanan terhadap terjadinya pembekuan darah, dan selanjutnya mengurangi terjadinya penebalan pembuluh nadi pada jantung.

4. Minyak Zaitun Mengurangi Peradangan Sendi

Nyeri Sendi
Sumber: ayobandung.com

Majalah AMJ Clin Nutr edisi November 1999, mempublikasikan sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 145 pasien pengidap sakit persendian jenis arthritis di Yunani Utara. Mereka dikorelasikan dengan 108 orang yang sehat.

Dalam penelitian ini terlihat bahwa pengkonsumsian minyak zaitun bisa memberikan tameng dalam melindungi tubuh dari penyakit peradangan sendi.

5. Berkhasiat Seperti Air Susu Ibu

Vitamin
Sumber: lactatea.com

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan pada bulan Februari 1996 Universitas Barcelona, Spanyol, yang dilakukan terhadap empat puluh wanita yang menyusui dan diambil sampel ASI dari mereka.

Para peneliti menemukan bahwasanya kebanyakan lemak yang terkandung di dalam ASI termasuk jenis lemak yang berantai tunggal.

Jenis lemak ini dikategorikan sebagai lemak terbaik yang seharusnya dikonsumsi oleh manusia, dan itulah jenis lemak yang terdapart pula pada minyak zaitun.

6. Mengatasi Kulit Kering

Kulit Kering
Sumber: halodoc.com

Minyak zaitun juga dapat menggantikan fungsi body lotion. Dengan menggunakan minyak zaitun pada kulit tubuh, maka Anda akan mendapatkan kulit yang tidak kering dan tidak perlu takut terhadap serangan radikal bebas.

karena manfaat antioksidan berguna melucuti radikal bebas dan juga mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit.

7. Menyembuhkan Luka Gangren Pada Penderita Diabetes

Tangan Sakit
Sumber: producttiens.co.id

“Luka penderita diabetes walaupun kecil tapi sangat membahayakan. Kelihatannya kecil dari luar, namun di dalam kulit bisa jadi sudah meluas. Apalagi kalau sudah menguning dan menghitam,” kata alumnus FK Unair, dr Sigit Wahyu Jatmiko Sp.

Menurut penelitian minyak zaitun bisa menghasilkan empat komponen yaitu peroksida, anisidin, yodium, dan aldehid.

komponen itu membawa agen antimikroba pada bakteri dan jamur serta mempunyai kemampuan meningkatkan aliran darah dan juga mempercepat pertumbuhan jaringan kulit baru.

Minyak zaitun ini selain bisa mengobati luka gangren, juga bisa mengeringkan luka luka bakar, akibat tergores sampai luka serius.

8. Membantu Mengobati Alzheimer

Lupa ingatan
Sumber: lombokita.com

Peneliti Italia dari Universitas Florence menemukan bahwasanya polifenol pada minyak zaitun murni dapat mencegah atau menunda munculnya penyakit alzheimer.

Tikus diberikan zat oleuropein aglycone, polifenol utama yang ditemukan pada minyak zaitun extra virgin selama 8 minggu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil suplementasi diet oleuropein aglycone sangat memperbaiki kinerja kognitif tikus dibandingkan dengan kelompok yang tidak menerima polifenol minyak zaitun.

9. Menebalkan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Tulang kuat
Sumber: hallosehat.com

Sebuah tes dilakukan pada sekelompok tikus yang sedang mengakami kondisi yang mirip seperti menopause pada perempuan.

Terdapat satu kelompok yang di berikan minyak zaitun, sedangkan kelompok lain tidak.

Hasil menunjukkan bahwa tikus yang tidak diberikan minyak zaitun menunjukkan penurunan kadar kalsium yang signifikan dan peningkatan kadar ALP, MDA, dan nitrat yang signifikan.

10. Memutihkan Wajah

Wajah Cantik
Sumber: tribunnews.com

Kandungan polifenol dalam minyak zaitun akan membantu melindungi sel-sel kulit dari ancaman kerusakan.

Kamu tidak perlu lagi harus memakai produk-produk pemutih wajah yang harganya sangat mahal atau bahkan harus suntik wajah agar wajah terlihat putih.

Cukup dengan menggunakan minyak zaitun setiap hari, maka pelan tapi pasti, kamu akan mendapatkan wajah cerah yang kamu inginkan secara natural.

11. Membuat Bibir Sehat

Bibir Sehat
Sumber: ngegas.com

Minyak zaitun mengandung vitamin K dan vitamin E yang dapat digunakan untuk membuat bibir menjadi merah alami. Cukup dengan mengolesi minyak zaitun pada bibir secara rutin setiap hari maka perlahan bibir akan menjadi merah alami.

12. Merawat Kesehatan Rambut & Mencegah Rambut Rontok

Rambut Rontok
Sumber: potretdunia.com

Rambut yang sering di edit seperti diwarnai, diluruskan, dikeriting, atau apapun yang bersangkutan dengan obat kimia pastinya akan mengalami penurunan keindahan seperti patah-patah, kering, dan mudah rontok.

Dengan rutin mengoleskan minyak zaitun pada rambut, maka kandungan vitamin E pada minyak zaitun akan memelihara kesehatan rambut.

Selain itu, rambut kamu juga akan semakin tebal dan bersinar secara natural. Jadi bagi kamu yang mengalami kebotakan juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk merangsang pertumbuhan rambut.

13. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Pori Kulit
Sumber: starberita.com

Selain mengencangkan wajah, zat linoleic pada minyak zaitun juga bermanfaat bagi kamu yang ingin mengecilkan pori-pori wajah yang nampak jelas sehingga mengganggu performa penampilan kamu.

Cukup menggunakannya sebagai masker secara rutin setiap hari saat sebelum tidur maka secara perlahan pori pori wajah akan mengecil.

14. Menghaluskan wajah

Perawatan Wajah
Sumber: hellosehat.com

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan yang lainnya adalah untuk menghaluskan wajah. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan minyak zaitun dicampur dengan buah pepaya dan dijadikan masker.

Enzim papain yang terkandung dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti oksidan akan ikut membantu menutrisi, melembapkan dan menghaluskan kulit wajah kamu.

Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah kamu. Gabungan dari pepaya dan minyak zaitun akan semakin mempercepat proses agar wajah halus seketika.

 

Sekian beberapa ulasan tentang Manfaat Minyak Zaitun yang saya lansir dari berbagai sumber.

Silahkan share jika bermanfaat????.

Silahkan beri komentar sekiranya ada yang kurang atau ada yang salah????.

Berikan Komentarmu