Cara Membuat Teh Daun Kelor (Beserta Manfaatnya)

Nilai
Penilaian Pengunjung
[Total: 1 Average: 5]

Teh daun kelor berasal dari daun yang bernama Moringa Oleifera Memang sudah terkenal akan khasiatnya. Kelor adalah tanaman yang sangat bergizi dan manfaatnya telah diakui oleh ahli gizi, ahli diet, dan nutrisi.Dianggap sebagai tanaman ajaib, teh yang berasal dari daun pohon ini memiliki kadar flavanoid atau polifenol yang tinggi. Zat ini adalah antioksidan yang bisa membantu mendetoksifikasi tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu.

Namun ada pula orang yang tidak cocok dengan herbal ini dan malah menimbulkan efek samping. Oleh karna itu sebelum kamu ingin menggunakan daun kelor untuk pengobatan hendaknya konsultasikan dauhulu ke dokter atau orang yang faham dengan ilmu obat-obatan.

Berikut adalah tahap-tahap membuat teh daun kelor:

Tahap Pencucian

Pertama kamu harus menyiapkan beberapa tangkai daun kelor lalu cucui sampai bersih, setelah dicuci bersih pisahkan daun kelor dengan tangkainya. Buang bagian daun yang sudah menguning, daun kelor harus di pilih supaya manfaat yang akan kita dapatkan bisa optimal.

Tahap Pengeringan

Tahap kedua ini kamu bisa mengeringkannya dengan di angin-anginkan di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari. Mengapa tidak boleh terkena sinar matahari? karena paparan sinar matahari yang panas bisa mengurangi khasiat dari daun kelor.

Ketebalan daun kelor saat proses pengeringan ini juga harus dengan ketebalan maksimal 2 cm saja agar daun dapat cepat mengering. Bolak balik daun kelor agar bisa kering sempurna secara menyeluruh. Proses pengeringan ini biasanya berjalan selama 1-2 minggu.

Tahap Penumbukan

Pada tahap ini dilakukan penggilingan untuk mendapatkan daun kelor yang halus seperti bubuk dan nantinya akan dijadikan minuman teh.

Dan katanya manfaat teh daun kelor jauh lebih tinggi dibandingkan dengan olahan lainnya, oleh karna itu tahapan tahapan di atas harus dilakukan dengan benar.

Untuk penumbukan atau penghalusan ini kamu bisa menggunakan penggiling atau belender untuk menghaluskan daun kelor yang sudah kering.

Tahap Pembuatan Teh Daun Kelor

Ambil satu sendok daun kelor yang tadi sudah di haluskan dan seduh dengan segelas atau 120ml air panas. Setelah warna airnya berubah menjadi kecoklatan seperti teh saringlah seduhan daun kelor agar terpisah dari ampasnya, dan minum selagi hangat.

Nah setelah saya menjelaskan cara membuat teh daun kelor berikut adalah manfaat Teh Daun Kelor:

1. Dapat melawan radikal bebas.

  1. Mengurangi peradangan.

  2. Membantu mengobati diabetes.

  3. Melindungi sistem kardiovasikular.

  4. Mendukung kesehatan otak.

  5. Melindungi hati.

  6. Anti mikroba jahat dan bakteri jahat.

  7. Membantu proses penyembuhan luka.

  8. Meningkatkan imun tubuh.

  9. Menurunkan kolestrol.

  10. Membantu mengobati mata minus, plus, dan silinder.

  11. Membantu mengurangi anemia.

  12. Mengobati reumatik.

  13. Sebagai anti kangker.

  14. Membantu menurunkan berat badan.

  15. Mengobati penyakit jantung.

  16. Melebatkan dan menyehatkan rambut.

  17. Meningkatkan fungsi ekresi.

  18. Sebagai penyedia energi.

20. Menghilangkan flek wajah, memutihkan kulit, menghilangkan jerawat dan komedo.

Banyak sekali kan manfaat dari teh daun kelor, daun kelor bisa menjadi alternatif pengobatan yang terjangkau daripada kamu harus menghabiskan biaya yang mahal untuk ke dokter atau rumah sakit.

Sumber: sanishita.com

Sekian beberapa informasi tentang Teh Daun Kelor yang saya lansir dari berbagai sumber.

Silahkan share jika bermanfaat????.

Silahkan beri komentar sekiranya ada yang kurang atau ada yang salah????.

Baca juga 17 Manfaat Daun Sirih Untuk Pengobatan

Berikan Komentarmu