20 Tempat Wisata Pilihan di Jawa Timur yang Keren dan Instagramable

Nilai
Penilaian Pengunjung
[Total: 1 Average: 5]

Semua orang pasti menginginkan untuk berekreasi ke tempat wisata yang keren dan murah. Dan untuk kalangan anak muda pasti menginginkan tempat yang instagramable dan hits.

Berikut saya akan memberikan refrensi tempat wisata Jawa Timur pilihan untuk anda yang sedang mencari tempat wisata yang keren dan lagi hits.

1. Air Terjun Baturaja Manitan Bangkalan

Air Terjun Batu Raja Manitan
Sumber: wap.mi.baca.co.id

Tempat ini berlokasi di kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan. Tempat wisata Jawa Timur ini mudah untuk di akses karena tidak terlalu jauh dari jalan raya.

Udara yang bersih dan semilir angin yang sejuk seketika akan menyambut anda ketika berada di sini, dan tentunya pemandangannya juga sangat indah dan cocok untuk di jadikan tempat berselfie ria.

Kamu bisa bertamasya bersama keluarga, sahabat atau pacar di tempat ini. Jangan lupa untuk membawa baju yah ganti kalo kamu ingin bermain air, karna bakalan repot nanti kalau main basah-basahan tapi ga bawa baju ganti.

Maps Air Terjun Baturaja

2. Jawatan Perhutani Banyuwangi

Jawatan Perhutani
Sumber: instagram.com/ekoyulist

Tempat yang satu ini bener bener keren dan unik, karena tempat ini memiliki pemandangan ala-ala hutan Fangorn di dalam Film The Lord of The Rings gitu. Jawatan merupakan sebuah area penumpukan kayu jati milik Perhutani Banyuwangi Selatan. Lokasinya berada di Desa Benculuk Kecamatan Cluring.

Jawatan memiliki deretan pohon trembesi yang telah berumur sektar 100 tahun. Kemegahan pohon trembesi tersebut semakin terlihat eksotis karena seluruh batang pohon ditumbuhi tumbuhan paku-pakuan.

Hutan di Jawatan pada mulanya adalah lahan yang digunakan sebagai tempat pengelolaan kereta api. Namun kini, tempat yang berisi pohon trembesi tersebut sudah berganti fungsi menjadi destinasi wisata yang keren abis.

Banyak pengunjung yang mendatangi hutan yang mirip suatu tempat di film Lord of The Rings tersebut. Hutan ini biasanya ramai dikunjungi pada sore hari, karena pada sore hari cahaya matahari samar-samar menelusup di rimbunnya pepohonan di hutan ini dan membuat pencahayaan pada foto kamu makin keren.

Maps Jawatan Perhutani

3. Waduk Bajul Mati Situbondo

Waduk Bajul Mati
Sumber: instagram.com/kamaloji

Kamu tau Raja Ampat?, yaps tempat memiliki pemandangan seperti di raja ampat lho. Jadi kamu ga perlu jauh jauh pergi ke Papua Barat untuk menikmati pesona Raja Ampat, karena di Banyuwangi ada tiruan tempat keten itu, walaupun ga se indah yang asli hehehe.

Yaps tempat ini berlokasi di Banyu Wangi, sama seperti Jawatan Perutani. Tempat ini sangat cocok buat kamu yang lagi low budget tapi pengen dapet pemandangan yang woww.

Maps Waduk Bajul Mati

4. Bukit Teletubies Blitar

Bukit Teletubies
Sumber: inilahblitar.blogspot.com

Tempat wisata ini merupakan salah satu Tempat wisata hits dan terkenal di Jawa Timur,Blitar. Bukit Teletubbies Blitar sudah dibuka sejak tahun 2016. Tempat ini menawarkan banyak hal, mulai dari pemandangan alam yang indah dan berbagai spot foto yang menarik untuk para pengunjung.

Bukit Teletubbies Blitar menawarkan pemandangan yang mirip dengan pemandangan di tempat tinggal Teletubbies. Bukit indah yang berwarna hijau dan bentuknya seperti rumah teletubbies.

Maps Bukit Teletubies

5. Kayangan Api Bojonegoro

Kayangan Api
Sumber: wisatabojonegoro.com

Kayangan Api adalah sumber api yang tak pernah padam yang terletak di kawasan hutan lindung Sendangharo, Ngasem, Bojonegoro.

Tempat ini merupakan sebuah wisata yang menyajikan pemandangan fenomena geologi alam yaitu keluarnya gas alam dari dalam tanah.

Sumber api yang keluar dari tempat ini adalah yang terbesar di Asia Tenggara gais. Lokasi ini makin populer setelah dijadikan tempat pengambilan api pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XV pada tahun 2000.

Maps Kayangan Api

6. Batu Solor Bondowoso

Batu Solor
Sumber: blog.misteraladin.com

Tempat ini sangat unik karena menyajikan pemandangan yang mirip seperti monumen Stonehenge misterius yang berlokasi di Wiltshire, Inggris. Meskipun sama persis, Batu Solor Bondowoso juga berbentuk batu-batuan tinggi seperti pilar yang bertumpuk dan diperkirakan berasal dari jaman megalitikum.

Sayangnya akses ke tempat ini masih sangat susah. Gak cuma harus berhadapan sama jalan yang jelek, kita juga harus ngelewatin banyak bukit dan sawah. Perkiraan waktu tempuh ke Batu Solor Bondowoso sekitar 2,5 jam. Kamu harus siap rela terguncang-guncang dalam mobil offroad atau kecipratan lumpur kalau naik motor trail.

Maps Batu Solor

7. Bukit Jamur Gresik

Bukit Jamur
Sumber: dakatour.com

Daerah wisata ini sebenarnya dulu bernama Bukit Dakar, kini namanya berubah menjadi bukit jamur karena menyajikan batu batuan unik yang berbentuk seperti jamur.

Tempat ini merupakan bekas tambang kapur yang sudah ditinggalkan. Di sini, kamu akan menemukan batuan-batuan aneh yang berbentuk seperti jamur dengan berbagai ukuran.

Batu-batu jamur ini terbentuk secara alami akibat pengikisan yang terjadi selama bertahun-tahun. Batu yang berada di puncak lebih kokoh dibandingkan batu di bagian bawah.

Hal ini menyebabkan bagian bawah batu ini mudah terkikis hingga akhirnya terbentuk seperti batang jamur. Tempat ini membuat kamu merasa seperti berada di negri dongeng, dan tempat ini juga sangat cocok untuk kamu yang suka fotografi.

Karena tempat ini sangat gersang pengunjung biasanya lebih memilih untuk berkunjung pada waktu pagi atau sore hari, karena agar tidak terkena sengatan terik matahari.

Maps Bukit Jamur

8. Pantai Payangan Jember

Pantai Payangan
Sumber: travel.kompas.com

Pantai ini tekenal dengan sebutan teluk cinta karena pantai di teluk ini membentuk simbol cinta atau membentuk love dan di pantai ini juga terdapat Bukit Kecil kembar di bagian seberang sudut sehingga dari atas Bukit Pantai ini sangat mirip dengan lambang cinta.

Pantai ini sangat cocok untuk pasangan kekasih. Tempat ini juga sangat cocok untuk spot foto prawedding, kesan romantis dan penuh cinta akan melekat pada foto yang di hasilkan.

Bukit kembar yang berada di ujung Pantai di ibaratkan sepasang kekasih dan diharapkan akan terus berdampingan atas dasar cinta seperti dua bukit tersebut.

Waktu yang paling cocok untuk mengunjungi temmpat ini adalah ketika musim hujan, karena bukit kembar akan telihat lebih hijau karena tumbuhan.

Maps Pantai Payangan

9. Air Terjun Tancak Tulis Jember

Air Terjun Tancak Tulis
Sumber: rizarastri.worpress.com

“Surga tersembunyi di kaki Argopuro” yaps air terjun ini di juluki surga tersembunyi karena memang lokasinya yang tersembunyi dan  harus melewati bebarapa perkebunan dan lalu dilanjut dengan trekking hingga sekitar 1 jam perjalanan.

Dan pada saat trekking kamu akan ditemani oleh suara burung yang indah dan suara angin menerpa pepohonan sekitar, dan dimanjakan oleh lebatnya hutan serta indahnya bunga-bunga yang sedang bermekaran sepanjang perjalanan.

Dalam perjalanan menuju air terjun ini kamu akan mendapatkan pemandangan yang indah dan menenangkan, sangat cocok untuk kamu yang ingin melepas penat dan stress.

Maps Air Terjun Tancak Tulis

10. Sumber Sejok Magetan

Sumber Sajok Magetan
Sumber: infomagetan.com

Tempat ini adalah Sebuah kubangan air yang berada di bawah tebing setinggi kurang lebih 10 meter. Sumber sajok memiliki air yang jernih dan juga segar. Bagi yang suka tantangan, tempat ini sangat bagus untuk menguji adrenalin. Kamu bisa melompat dari atas tebing setinggi kurang lebih 10 meter, lalu menikmati sejuknya air kali sejok.

Kolam ini memiliki kedalaman air yang mencapai kurang lebih 2 meter, jadi kamu akan aman untuk melompat dari atas tebing. Tempat ini juga gratis, kamu hanya perlu membayar untuk parkir sebesar 2000 rupiah.

Maps Kali Sejok

12. Sumber Jenon Malang

Sumber Jenon
Sumber: wisatamalangku.com

Tempat ini dalah destinasi wisata Jawa Timur yang patut untuk dicoba terutama untuk kamu yang suka hunting foto maupun berlibur jauh dari perkotaan.

Sumber Jenon memiliki air berwarna biru muda yang tertampung pada kolam berbentuk bulat dengan kedalaman kurang lebih 5 meter.

Terdapat batang pohon jenu di dalam kolam yang posisinya membujur dari posisi barat ke arah timur yang membuatnya terlihat alami untuk diabadikan dan di posting ke instagram kamu.

Maps Sumber Jenon

13. Patung Buddha Tidur Mojokerto

Patung Budha Tidur
Sumber: backpackerjakarta.com

Patung ini bernama Patung Buddha Tidur Maha Vihara Majapahit, tempat wisata ini terletak di desa Bejijong, kecamatan Trowulan. Tempat ini selalu ramai dikunjungi, terutama pada akhir pekan.

Patung ini disebut-sebut sebagai patung Buddha tidur terbesar ketiga di Asia Tenggara, setelah Thailand dan Nepal lho, ia memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter, ukuran itu menjadikannya sebagai patung Buddha tidur terbesar di Indonesia. Patung Buddha Tidur dibangun menghadap ke selatan, itu adalah arah kiblat bagi umat Buddha.

Maps Patung Buddha

14. Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar
Sumber: youtube.com

Pantai ini masih termasuk dalam rangkaian pantai selatan, sehingga menawarkan pemandangan dan ombak khas pantai selatan.

Di pantai klayar terdapat pemandangan yang sangat unuik yaitu batu karang yang bentuknya hampir mirip sphinx di mesir.

Perjalanan kesini bisa ditempuh kurang lebih 1 Jam dari kota pacitan. Akses jalannya termasuk jalan yang cukup sempit, dengan kondisi rusak dibeberapa bagian. Di tambah dengan rute nya yang berkelok-kelok dan turun-naik.

Walaupun akses untuk sesana cukup sulit tapi semua itu akan terbayarkan oleh kombinasi keindahan alam pantai pasir putih yang lembut, dan landscape karang yang keren.

Maps Pantai Klayar

15. Pantai Watu Karung Pacitan

Pantai Watu Karung
Sumber: jejakpiknik.com

Salahsatu yang masih tersembunyi dan bisa dijadikan wisata menarik adalah Pantai Watu Karung Pacitan.

Tempat ini sangat keren karena memiliki ombak terbaik kelas dunia lho, buat kamu yang hobi berselancar sangat wajib untuk mampir ke tempat ini, selain ombak kelas dunia yang keren, Pantai Watu Karung ini juga memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa indahnya, dan juga memiliki pantai yang sangat bersih dan air laut yang berwarna biru.

Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih. Deretan karang yang tersusun alami menambah keindahan dari pantai ini.

Tempat ini juga aman bagi kamu yang ingin bermain di bibir pantai, sebab ombak besar akan berhenti tepat di bibir pantai dan tidak akan menyeret kamu ke tengah laut, sehingga kamu bisa dengan tenang bermain pasir di tepi pantai Watu Karung.

sumber : ketahui.com

Maps Pantai Watu Karung

16. Pantai Karang Bolong Pacitan

Pantai Karang Bolong
Sumber: ksmtour.com

Lagi lagi Pacitan, yaps pacitan memang surganya pantai, kurang lebih ada sekitar 26 pantai di pacitan, namun yang saya pilih adalah beberapa pantai yang memiliki keunikan tersendiri.

Seperti salahsatunya Pantai Karang Bolong ini, sesuai dengan namanya pantai mini memiliki pemandangan karang unik yang berlubang. Pantai, atau lebih tepat disebut tebing ini, memiliki keunikan dalam bentuk dan tampilan visual.

Sebenarnya Karang bolong ini bukanlah sebuah pantai yang berpasir, melainkan adalah tebing yang menjorok ke tengah laut bagaikan tanjung. Dan tebing ini tidak bisa dituruni karna sangat curam dan di bawahnya juga merupakan Perairan yang dalam dengan warna biru gelap dengan ombaknya yang dahsyat.

Pantai Karang Bolong adalah tempat favorite untuk Berburu Sunrise dan Sunset. Karena letaknya yang berada diatas perbukitan dan menjorok ke laut membuat siapapun yang mengambil gambar di pantai ini memiliki view yang luas dan indah, pesona landscape inilah keindahan yang tak dimiliki pantai lain di Pacitan.

Maps Pantai Karang Bolong

17. Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron
Sumber: pesonasungaimaron.blogspot.com

Adalah sebuah wisata menyusuri sungai dengan panorama alam yang masih alami. Air sungai ini sangat jernih dan banyak ditumbuhi pohon kelapa di sisi sungai.

Kedalaman Sungai ini kurang lebih mencapai 20 meter, untuk bagian yang paling dalam. Karena airnya yang masih jernih, tidak sedikit warga setempat yang memanfaatkannya sebagai kebutuhan sehari hari.

Karena saking keren dan indah panorama nya, Sungai Maron mendapat julukan Green Canyon nya Pacitan dan juga “The Indonesia’s Amazon”.

Sungai ini selalu menjadi destinasi favorit bagi yang menginginkan wisata dengan panorama alam yang natural. Bahkan tidak sedikit Artis Ibukota yang tergiur untuk mencoba susur sungai di Sungai Maron.

Maps Sungai Maroon

18. Air Terjun Toroan Sampang

Air Terjun Toroan
Sumber: blj.co.id

Air Terjun sangat unik dan keren karena aliran airnya langsung bermuara ke pantai. Alamya masih sangat asri karena tidak ada bangunan permanen maupun sementara di sekitar tempat ini.

Lokasi Air Terjun Toroan ini berada di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang. Lokasinya tidak terlalu jauh dari kota Sampang, Madura. Hanya berjaraj kurang lebih 4 kilometer saja dari pusat kota Ketapang.

Tempat ini juga bisa dijadikan lokasi yang pas untuk menikmati sunset gemuruh air terjun, suara desir ombak, dipadu dengan sunset dengan langit yang berwarna kemerah-merahan yang membuat suasana senja yang sangat menenangkan.

Banyak pengunjung yang betah lama-lama menyaksikkan keindahan alam tersebut di sini. Karena lokasinya yang begitu cantik, tak jarang juga dijadikan sebagai tempat untuk pemotretan dan pre-wedding.

Maps Air Terjun Toroan

19. Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen
Sumber: blog.jadipergi.com

Kawah Ijen adalah sebuah kawah dari Gunung Ijen yang memiliki keindahan yang luarbiasa dan memiliki keunikan fenomena yang hanya terdapat di dua tempat di dunia yaitu fenomena Blue Fire atau Api Biru. Fenomena ini hanya terdapat di Kawah Ijen dan yang satunya di Islandia.

Tempat ini biasanya dikunjungi sebagai objek wisata pegunungan. Pemandangan yang ditawarkan akan Membuat takjub para wisatawan.

Letih yang kamu rasakan karena perjuangan menuju kawah ini akan hilang seketika setelah melihat pemandangan alam yang disuguhkan di sini. Ada pemandangan menakjubkan yang mungkin tidak ada di kawah gunung lainnya.

Maps Kawah Ijen

20. Air Terjun Nglirip Tuban

Air Terjun Nglirip
Sumber: indonesiakaya.com

Air terjun nglirip memiliki tinggi kira-kira 25 meter, memang tidak terlalu tinggi namun karena berada di tebing dengan lebar sekitar 20 meter dan berada di cekungan maka membuat air terjun ini memiliki pesona yang berbeda dari air terjun lain.

Air tejun ini lebih cocok di kunjungi pada saat musim kemarau, karena kamu akan di manjakan dengan airnya yang menyegarkan dan memiliki air yang jernih dengan warna sedikit kebiruan.

Ada sebuah mitos di sekitar air tejun nglirip. Bagi setiap pasangan yang sedang pacaran akan putus kurang dari 40 hari jika pacaran di air terjun nglirip ini. Atau juga pasangan calon pengantin yang nekat bercumbu di sekitaran air terjun biasanya hubungannya tidak lama lagi akan bubar.

Maps Air Terjun Nglirip

Sekian beberapa informasi tentang Tempat Wisata Pilihan di Jawa Timur yang saya lansir

dari berbagai sumber.

Silahkan share jika bermanfaat????.

Silahkan beri komentar sekiranya ada yang kurang atau ada yang salah????.

Berikan Komentarmu